JAKARTA – Rumah pada umumnya terbuat dari kayu atau beton, namun rumah yang ada di kota Rockport, Massachusetts, Amerika ini justru terbuat dari gulungan kertas koran.

Rumah unik yang populer dengan sebutan Paper House atau rumah kertas ini merupakan hasil ide pemilik rumah bernama Elis Stemnan. Rumah ini dibangun tahun 1922 lalu dan sampe sekarang masih sangat terawat dan baik.

Rumah ini sebenarnya rumah biasa yang terbuat dari kayu dan beton, gulungan koran tersebut hanya lapisan pada permukaannya saja, jadi siapapun yang masuk ke rumah ini tidak akan membuat rumah rusak atau roboh.

Butuh waktu 2 tahun bagi Elis dan 100 ribu koran untuk melapisi seluruh rumahnya. Tidak hanya rumah, Elis juga melapisi hampir sebagian perabotan di dalamnya, seperti kursi, meja, perapian dan piano dengan gulungan kertas. Koran-koran tersebut dilapisi dengan pernis khusus untuk melindungi dari pelapukan.

Elis menempati rumah ini hingga tahun 1030 dan saat dia meninggal tahun 1942, rumah ini pun dijadikan museum dan menjadi obyek wisata menarik hingga saat ini.

Source: link