JAKARTA – Ingin menurunkan berat badan? Ini waktu-waktu terbaik untuk makan.

Anda mungkin pernah mendengar teori mengenai konsumsi karbohidrat di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badan. Namun riset terbaru membuktikan, waktu makan sebenarnya berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

Makan secara eksklusif hanya pada pukul 08.00-14.00 bisa membantu untuk lebih mudah menurunkan berat badan, menurut sebuah studi yang dilakukan para periset di University of Alabama, Birmingham, UK.

Dalam studi pertama mengenai pembatasan jam makan, periset merekrut 11 partisipan yang diobservasi perbedaan pada tubuhnya. Mereka diminta untuk makan antara pukul 08.00-20.00 pada hari-hari tertentu, kemudian secara eksklusif pukul 08.00-14.00.

Ketika berhenti makan setelah pukul 14.00, selera makan partisipan turun. Mereka membakar lemak lebih cepat dan efisien selama beberapa jam di malam hari, serta ada perbaikan pada fleksibilitas metabolisme atau kemampuan beralih antara membakar karbohidrat dan lemak.

“Makan hanya pada time window singkat ketimbang biasanya akan membantu menurunkan berat badan,” kata Courteney Peterson, Ph.D, salah satu profesor di Departement of Nutritioun Sciences, University of Alabama.

Puasa selama 18 jam sehari ini, lanjutnya, menekan selera makan sepanjang hari dan lebih baik ketimbang makan antara pukul 08.00-20.00. Periset mencatat, tubuh manusia memiliki jam internal. Metabolisme, dalam banyak, lebih optimal di pagi hari.

“Lebih masuk akal makan lebih awal dan menyesuaikan riteme sirkadian tubuh, sehingga hasilnya lebih baik bagi kesehatan,” lanjut Peterson.

Tentunya, puasa mulai pukul 14.00 hingga esok harinya adalah waktu yang panjang. Jika Anda yang cepat turun gula darahnya, metode ini mungkin tak cocok. Selain itu, studi ini juga baru dilakukan dalam periode singkat.

Periset mencatat, masih butuh studi lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam mengenai tingkat efisiensi. Sementara itu, Anda bisa pelan-pelan mencoba makan lebih banyak di awal hari dan menguranginya saat hari sudah gelap.

Terpenting, selalu makan jika sudah lapar dan upayakan tidak makan ketika tubuh tidak memintanya. Setidaknya, jika tak kuat puasa saat malam, buatlah makan malam yang menyehatkan.

Source: link