JAKARTA – Mandi menjadi pilihan banyak orang setelah berolahraga. Pertanyaannya, mandi air dingin atau air hangat yang bisa memberikan manfaat lebih bagi tubuh?

Kepada Thehealthsite, Rabu (04/01/2017), pakar kebugaran Roshni Shah menjawab pertanyaan tersebut. Menurutnya, mandi air dingin menjadi pilihan tepat setelah olahraga.

Bahkan, banyak atlet yang sengaja diberikan terapi mandi air es demi mengendurkan otot-ototnya selepas latihan atau menjalani sebuah pertandingan.

Selain memaksimalkan penurunan berat badan, manfaat mandi air dingin juga bisa mencegah sakit otot dan kram setelah olahraga. Lebih lanjut lagi, Shah juga memaparkan bahwa dengan mandi air dingin, metabolisme tubuh bisa meningkat hingga 500 persen.

Artinya, tubuh akan lebih cepat untuk menguras kalori, karena kalori digunakan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat dari guyuran air dingin. Sementara dalam Journal Biomedical Research International, mandi air dingin juga mampu meningkatkan pasokan antioksidan berupa glutahione yang ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Source: link