JAKARTA – Walaupun Dubai dikenal dengan destinasi wisata mahal tetapi Anda bisa menyiasati agar tidak menguras kantong.

Menghemat bujet perjalanan wisata selama di Dubai dapat disiasati pada sisi transportasi. Salah satu dari tujuh emirat dan kota terpadat di Uni Emirat Arab ini memiliki moda transportasi umum yang terdiri atas Dubai metro, bus, bus air dan taksi air (Abra).

Seluruh transportasi yang dioperasikan Roads and Transport Authority (RTA) ini terdapat paket One Day in Dubai. Paket perjalanan ini memudahkan pengunjung menggunakan seluruh transportasi umum untuk berkeliling ke pusat destinasi wisata.

Beragam moda transportasi RTA tergolong cukup terjangkau. Misalnya saja Abra yang dioperasikan dengan kapal kayu ini menghubungkan area historis Dubai di The Creek dan dibanderol AED1 atau Rp3.500 untuk sekali jalan. Ada dua rute yang tersedia antara lain, Stasiun Abra Bur Dubai ke Stasiun Abra Old Souq dan Stasiun Abra Old Souq Dubai ke Stasiun Abra Al-Sabkha.

Dubai Metro juga bisa menjadi pilihan transportasi terjangkau. Kereta ini memiliki rute Red Line sepanjang 52 km (Sheikh Zayed Road ke Bandara Internasional Dubai hingga Jebel Ali) dan Green Line 22,5 km (Zona Bebas Bandara Dubai dengan Dubai Healthcare City). Kereta tiba setiap 2 hingga 5 menit dari pukul 6 pagi hingga 11 malam (Sabtu hingga Kamis) dan pukul 1 pagi pada (Jumat). Harga tiket berkisar AED2 – AED6,50 (Rp7.000-Rp25.000).

Anda juga memilih transportasi sepeda yang memberikan kenyamanan dan suasana perjalanan yang berbeda. Penyewaan sepeda tersedia di Downtown Dubai dan Dubai Marina, selama 24 jam. Pengendara dapat meminjam sepeda melalui aplikasi NextBike pada iOS maupun Android. Harga sewa sepeda beriksar AED15-AED80 (Rp55.000-Rp300.000) untuk 30 menit hingga 24 jam.

Sementara akomodasi menarik di Dubai tersedia beberapa hotel dengan dekorasi artistik dan lokasi yang strategis. Sebut saja XVA Hotel yang berlokasi di pusat daerah tertua di Dubai, Al Fahidi. Hotel ini dikenal sebagai salah satu situs warisan budaya paling penting di Dubai.

Ada pula Rove Hotel di pusat Kota Dubai yang berjarak 10 menit dari  Bandara Internasional Dubai dan dekat dengan landmark Dubai. Kemudian hotel bintang empat, Novotel World Trade Centre di samping Dubai World Trade Centre dapat menjadi tempat menginap yang tepat untuk memulai petualangan kebudayaan di kota. Bila Anda ingin menikmati kawasan mewah di The Walk Jumeirah Beach Residence dapat memilih Double Tree by Hilton Hotel Dubai. Di lokasi ini Anda dapat merasakan panorama Teluk Arab dan The Palm Jumeirah.

Source: link