JAKARTA – Traveling atau jalan-jalan ke luar negeri merupakan impian banyak orang. Namun pergi ke luar negeri tidaklah segampang seperti jalan-jalan di dalam negeri, tapi juga tidak seribet atau sesulit yang dipikirkan sebagian orang.

Nah, buat kalian yang ingin traveling ke luar negeri untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dan persiapkan agar liburan kalian bisa asyik dan nyaman. Silahkan disimak.

Cek kesehatan sebelum berangkat
Sebelum berangkat pastikan tubuh kalian sehat dan fit. Agar benar-benar yakin dengan kondisi tubuh kalian, cek-lah ke dokter. Jika kamu punya penyakit khusus, jangan lupa untuk membawa obat-obatan.

Pastikan destinasi dan kenali negara tersebut
Tentukanlah jauh-jauh hari destinasi yang akan kamu tuju. Sebelum berangkat cari tahulah terlebih dahulu mengenai negara yang akan kalian tuju. Tempat-tempat wisatanya, cuaca di sana dan berbagai aturan yang berlaku bagi masyarakat umum di sana.

Siapkan semua dokumen penting
Siapkan dokumen-dokumen penting beberapa bulan sebelum keberangkatan, seperti tiket pesawat, paspor dan visa. Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah tempat asal kamu, dan digunakan sebagai tanda pengenal resmi untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Sementara visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara kepada seseorang sebagai bukti sah izin memasuki sebuah negara dalam periode waktu tertentu. Pastikan paspor dan visa kamu selalu dibawa dan aman saat sedang jalan-jalan diluar negeri.

Tukar uang ke money changer
Sebelum berangkat ke luar negeri ada baiknya untuk menukarkan uang yang mau kamu bawa di dalam negeri, karena nilainya akan lebih kecil kalau kamu tukar setelah sampai di negara tujuan. Uang, adalah salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum jalan-jalan ke luar negeri.

Buatlah detail rencana perjalanan
Sebelum berangkat ke luar negeri, sebaiknya rencanakan terlebih dahulu apa saja yang akan kamu lakukan dan kunjungi di sana. Selain bisa menghemat waktu, perencanaan yang matang juga bisa menghemat biaya.

Nikmati setiap momennya
Nikmatilah setiap momen perjalanan kalian, karena belum tentu kalian bisa datang untuk kedua kalinya ke negara tersebut.

Source: link