JAKARTA  – Tiga tahun mengaspal di Indonesia sejak 2013, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya resmi menyetop produksi dan pemasaran Etios Valco terhitung akhir November 2016.

“Etios Valco kami berhentikan produksi. Berhenti per November ini,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto di Kuningan, Jakarta.

Penjualan yang lesu tampaknya jadi perhatian TAM untuk menyuntik mati Etios. Meski Fransiscus berdalih dan mengatakan Toyota sudah memiliki banyak model disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Tidak drop tapi kami ingin efektivitas produk kami. Line up Toyota sudah ada 26 dan kami lihat effectiveness dari tiap produk seperti apa, suffix by suffix juga akan kami kurangi,” katanya.

Mengutip data Gaikindo, penjualan Etios Valco Januari-Oktober 2016 terjual 3.138 unit. Pada Oktober, Etios hanya terjual 129 unit dan 292 unit pada September 2016.

Ditengarai pasar city car yang dihuni Etios valco sudah sangat sesak dan kalah bersaing dengan saudaranya sendiri yakni Agya dan Cayla. Terlebih banderolnya bergesekan di rentang Rp 149-Rp 176 jutaan.

Pada 2015 Toyota coba memperkenalkan Etios Valco TOM’S dengan tampang lebih ekspresif agar berbeda dari Agya. Namun tampaknya tetap tidak mendongkrak pemasaran mobil yang dieksplorasi oleh Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) tersebut.

Mau Kredit Toyota Etios Valco? Klik LINK 

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com