JAKARTA – Power bank merupakan perangkat elektronik ‘pendamping’ gadget yang tidak pernah lepas dari keseharian kita. Power bank sangat diperlukan, terutama bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar ruangan, walaupun sebenarnya pemakaian power bank secara terus menerus bisa mengakibatkan risiko kerusakan pada gadget.

Sama seperti alat elektronik lainnya, power bank juga butuh ‘perhatian’ agar tidak cepat rusak atau awet. Berikut tips merawat power bank yang bisa kalian simak.

Dicharge rutin
Jika tidak digunakan, charge-lah power bank sebulan sekali agar baterai power bank tetap panas dan stabil.

Jangan terlalu lama dicharge
Jangan melakukan pengisian power bank terlalu lama, ketika lampu indikator menunjukkan pengisian sudah penuh, segeralah cabut power bank.

Simpan di tempat sejuk
Hindari menyimpan power bank di tempat yang terlalu panas atau lembab, karena dapat membuat power bank rusak. Simpanlah di tempat yang sejuk dengan suhu kamar.

Bersihkan power bank
Jagalah power bank tetap kering, jangan sampai terkena air. Jangan juga pernah membersihkan power bank dengan bahan kimia, cumup bersihkan dengan menggunakan tisu atau lap kering dan cotton bud untuk sela-selanya.

Jangan dipakai jika sedang dicharge
Jangan mengkoneksikan power bank dengan perangkat lain ketika powerbank tersebut sedang mengisi daya, karena dapat menimbulkan panas yang berlebih dan merusak gadget mamupun power bank itu sendiri.

Source: link