JAKARTA – Jika kalian punya gitar akustik kesayangan? Nah, agar gitar kamu bisa awet dan selalu enak dipakai, pastikan kamu merawatnya dengan baik. Berikut cara gampang merawat gitar akustik yang bisa kalian simak.

Simpan dalam suhu stabil
Simpanlah gitar akustik di tempat bersuhu ruangan. Simpan dalam ruangan dengan suhu stabil antara 20° – 25° Celcius. Gitar membutuhkan suhu yang baik dan hangat agar kayunya selalu kering dan nyaring.

Jika suhu terlalu panas lem gitar bisa mengelupas dan membuat gitar rusak, sedangkan jika suku terlalu dingin akan membuat gitar menjadi tidak nyaring karena menghasilkan suara yang mengendap.

Simpan di dalam case
Agar terhindar dari benturan yang bisa menyebabkan lecet-lecet atau kerusakan pada gitar, simpanlah gitar dalam case/hard case atau stand gitar dan letakan di ruangan yang aman.

Rutinlah membersihkan senar
Bersihkanlah senar gitar seminggu sekali dengan menggunakan bahan kain yang lembut agar senar tidak cepat karatan dan terjaga karakter suaranya.

Gantilah senar gitar secara berkala agar suara gitar tetap harmonis. Jika kalian ingin menyimpan gitar  dalam jangka waktu lama, sebaiknya kendurkan terlebih dahulu semua string gitar agar neck gitar tidak rusak atau bengkok.

Bersihkan Body dan Fretboard gitar
Rutinlah juga untuk membersihkan bodi dan fretboard gitar baik sebelum atau sesudah dipakai dengan menggunakan kain bersih agar gitar tetap kinclong dan terawat

Pakailah dengan hati-hati
Saat memainkan atau membawa gitar usahakan untuk berhati-hati, jangan sampai gitar terbanting,  terbentur atau tergesek. Selain karena perbaikannya cukup mahal, seahli apapun perbaikannya, gitar kamu tidak mungkin terdengar sama lagi setelah proses perbaikan.

Source: link