JAKARTA – Kebanyakan orang lebih memperhatikan penampilan luar mobil ketimbang luarnya. Padahal, bagian interior mobil juga penting karena mempengaruhi kenyamanan pengemudi saat berkendara. Salah satu masalah perawatan mobil yang jarang diperhatikan adalah dashboard.

Biasanya, dashboard mobil terkena terik matahari langsung dalam waktu yang relatif lama. Oleh karena itu, kondisi dashboard terkadang berubah menjadi kusam seiring dengan bertambahnya usia mobil.

Agar kondisi dashboard tetap prima meski mobil sudah berusia lebih dari 5 tahun, maka simak terlebih dahulu tips merawat dashboard mobil berikut.

Bersihkan Debu
Perawatan dashboard mobil paling sederhana paling sederhana bisa dimulai dengan membersihkannya dari debu yang menempel. Sediakan kemoceng, penyedot debu portable, lap microfiber, dan kanebo untuk mengeringkan dashboard.

Perlu diperhatikan, lekukan sudut dekat kaca depan jarang tersentuh sedikit sulit untuk membersihkannya. Oleh karena itu, gunakan penyedot debu portable pada lekukan dan sudut dekat kaca depan karena debu dan kotoran kerap bersembunyi disana.

Tambahkan Sedikit Air
Usai penyedotan debu, langkah perawatan dashboard mobil berikutnya adalah dengan menambahkan sedikit air pada lap microfiber yang bisa Ganlobers beli di toko perawatan kendaraan bermotor. Selanjutnya, semprotkan air ke lap tersebut sebelum membersihkan dashboard.

Jika tangan kalian belum bisa menjangkau sudut-sudut sempit pada dashboard, gunakan sikat gigi yang sudah direndam air. Pastikan sikat gigi yang kalian gunakan cukup lembut dan halus, karena jika bulu sikat gigi terlalu kasar sangat rentan menggores permukaan dashboard.

Gunakan Cairan Pembersih
Jika tahap pembersihan sudah selesai, tips merawat dashboard mobil berlanjut ke tahap pemolesan dengan menggunakan cairan pembersih. Caranya cukup simpel, kalian cukup menyemprotkannya ke seluruh bagian dashboard.

Sekedar saran, pakailah pembersih dasboard yang berbentuk cairan, foam, atau lotion. Hindari cairan pembersih yang mengandung silicone karena bisa membuat permukaan dashboard menjadi belang.

Jika sudah merata, Ganlobers tinggal mengelapnya kembali dengan kanebo atau lap bersih.

Beri Lapisan Pelindung
Langkah terakhir, kalian tinggal melapisi dashboard mobil dengan lapisan pelindung. Selain melindungi dashboard dari debu dan bakteri yang menempel, penggunaan lapisan pelindung yang biasanya berupa cairan ini juga bisa membuat dashboard mobil kalian kembali kinclong dan lebih kuat terhadap paparan sinar matahari

Source: link