TANGERANG SELATAN – Saat ini, keberadaan pesawat tanpa awak alias drone semakin diminati masyarakat Indonesia. Bahkan, pionir drone sekelas DJI saja sudah menancapkan kakinya di Tanah Air dengan membuka gerai resminya.

Sayangnya, antusiasme terhadap drone seringkali tidak dibarengi dengan pengetahuan dasar menerbangkan drone. Bagi Ganlobers yang bertekad menjadi seorang pilot drone, kenali terlebih dahulu tips menerbangkan drone yang diberikan oleh Amirullah, asisten instruktur di Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) berikut.

Cek Kelengkapan Drone
Sebelum menerbangkan pesawat nirawak kalian, cek terlebih dahulu kelengkapan drone. Mulai dari kondisi baterai, propeller (baling-baling), remote control, hingga smartphone yang akan dipakai untuk memonitor drone kesayangan Ganlobers.

Lihat Kondisi dan Cuaca
Setelah kelengkapan drone sudah siap sedia, jangan terburu-buru untuk menerbangkan pesawat kalian. Lihat juga keadaan cuaca dan kondisi di area penerbangan drone.

“Akan lebih sulit untuk mengendalikan drone saat cuaca ekstrem, seperti hujan dan angina kencang. (Sebaiknya) jangan diterbangkan,” tutur Amir.

Selain itu, hindari menerbangkan drone di keramaian orang. Pasalnya, setiap orang kemungkinan besar membawa minimal satu smartphone. Jika banyak smartphone terkumpul dalam satu tempat, tentunya akan menimbulkan gangguan penerimaan sinyal pada drone.

“Di kondisi keramaian, ketika pilot kurang menguasai drone, jangan terbang. Soalnya, orang di bawah (drone) kan banyak, bawa handphone, jadi terlalu banyak sinyal smartphone mengganggu penerimaan sinyal drone itu sendiri. Itu bahaya, jadi sebaiknya terbang di atas ketinggian 50 meter,” sambung Amir yang juga menjadi support sales di DJI Store Alam Sutera.

Kenali Aturan Main
Amir menambahkan, seorang pilot drone pemula tidak mengetahui regulasi drone Indonesia. Padahal jika tidak taat terhadap aturan yang sudah di sah-kan pemerintah itu bersifat mengikat. Jika tidak patuh, bisa saja menjadi tindakan kriminal.

“Sebenarnya aturan (menerbangkan drone) dari pemerintah ada banyak. Jangan melakukan penerbangan di NFZ (No Fly Zone) di bandara, sekitar 2-3 kilometer dari titik center bandara, Ring 1 Istana Negara, terus terbang di area vital pemerintahan.”

“Di tempat umum juga ada aturannya, biasakan meminta izin kepada pemilik tempat di sekitar jalur yang akan dilalui drone karena itu berhubungan dengan privasi orang. Ada beberapa orang yang tidak menyukai itu,” sambungnya.

Bongkar Seperti Sedia Kala
Tips menerbangkan drone yang terakhir, biasakan untuk tertib dalam membongkar kembali rakitan drone. Simpan di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari dan tentunya dalam suhu kamar.

Source: link