JAKARTA – Masker menjadi salah satu atribut penting bagi pengendara motor, khususnya di Jakarta yang jalanannya penuh dengan polusi. Sebelum membeli masker, ada baiknya kalian simak dulu tipsnya berikut ini.

Perhatikan busa masker
Pilih masker yang memiliki busa/sponge yang cukup tebal pada bagian dalamnya. Hal tersebut bertujuan supaya kotoran maupun debu bisa tersaring secara maksimal sehingga tidak masuk ke sistem pernapasan.

Pilih pengikat masker dari karet
Pilih masker yang memiliki pengikat dari karet sampai belakang kepala agar posisi masker tidak berubah-ubah ketika dipakai saat berkendara. Jangan pilih masker dengan pengikat seperti tali atau yang dicantolkan ke kuping, karena selain gampang lepas juga bisa membuat kuping sakit.

Pilih model dan warna yang aman
Banyak sekali model dan warna masker yang saat ini dijual di pasaran, usahakan untuk memilih masker dengan model dan warna yang ‘aman’ agar tidak terlalu menyolok atau bahkan terlihat norak.

Utamakan kenyamanan
Sebelum membeli pastikan benar-benar kamu nyaman memakai masker tersebut. Cobalah masker dan pastikan karet pengikat tidak terlalu kencang, pastikan juga bagian hidung tidak terlalu tertutup sehingga bisa membuat kalian kesulitan bernafas.

Rutin mencuci masker
Agar masker tetap bersih dan wangi serta berfungsi dengan baik, rutinlah untuk mencuci masker. Jika dirasa masker sudah tidak enak dipakai atau rusak, segeralah ganti dengan masker yang baru.

Source: link