JAKARTA – Setiap kali Kalian berlibur, kemungkinan besar ada pesan ‘titipan’ dari keluarga, pacar, teman, atau relasi kalian yang meminta oleh-oleh dari lokasi wisata yang kalian tuju.

Lantas, bagaimana menyikapi permintaan mereka semua agar buah tangan yang kalian bawa bisa mencukupi mereka? Berikut tipsnya!

Cemilan Khas
Kemanapun destinasi wisata yang kalian tuju, pastinya ada makanan atau cemilan khas dari daerah tersebut. Karena jumlahnya yang banyak, cemilan khas bisa menjadi pilihan utama bagi para pelancong yang ingin membeli oleh-oleh dengan harga yang murah meriah.

Aksesoris
Alternatif kedua, cinderamata berupa aksesoris seperti gantungan kunci dan gelang juga bisa dijadikan pilihan. Selain menghemat ruang packing kalian, aksesoris juga dijual secara massal. Artinya dengan modal sedikit, Kalian bisa mendapatkan jumlah yang banyak.

Tawar
Jangan anggap enteng skill para ibu rumah tangga yang kerap melakukan tawar menawar saat membeli sebuah produk. Pasalnya, hal ini akan kalian praktikkan saat membeli oleh-oleh. Meski kemungkinan akan dicap ‘resek’ oleh si penjual, namun tawar menawar cukup ampuh untuk menaklukkan si penjual, sekaligus menghemat pengeluaran kalian.

Perlu dicatat juga, jangan hanya mengunjugi satu toko oleh-oleh saja karena perbedaan harga sedikit saja, bisa berefek besar saat kalian membeli souvenir dalam jumlah yang banyak.

Jangan Beli di Bandara
Nah, inilah perkara yang paling menguras isi dompet membeli oleh-oleh. Bea dan pajak tinggi yang diterapkan pengelola bandara memaksa penjual turut menaikkan harga barang yang mereka jual. Jadi lebih baik, belilah buah tangan di luar bandara, misalnya pasar tradisional atau ke tempat pengrajinnya secara langsung.

Source: link