JAKARTA – Meningkatnya angka kecelakaan dan kriminalitas di jalan raya yang mengincar pemilik kendaraan secara tidak langsung memaksa kita sebagai pengendara menjadi lebih waspada untuk menjaga diri. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk antisipasi adalah memasang dash cam di mobil.

Dengan memasang dash cam atau kamera perekam yang terpasang di dalam mobil, setidaknya bisa sedikit menambah keamanan baik untuk kita maupun kendaraan dari segala kejadian. Di Indonesia sendiri, perangkat dash cam sudah cukup banyak beredar di pasar.

Contoh penting fungsi dash cam adalah kita dapat memiliki data rekaman dari kecelakaan atau kejadian lain, untuk dijadikan bukti saat dibutuhkan, seperti CCTV.

Selain banyak pilihan, produk dash cam juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan. Menurut penelusuran kami, dash cam di Indonesia bisa dimiliki dengan harga mulai kurang dari Rp 200 ribu.

Saat kami menilik ke salah satu situs jual-beli di Indonesia, berbagai pilihan dash cam muncul saat kami mencari dengan keyword “dash cam” dan “kamera mobil”. Tech Care Car DVR TC-207 menjadi produk termurah yang kami temukan berbanderol Rp 175 ribu, sementara Lukas LK-7900 ARA menjadi yang termahal dengan Rp 6,5 juta.

Blackvue DR650-2CH menjadi pilihan paling mahal yang kami temui di berbagai situs termasuk blibli.com dan Bhinneka.com, di mana produk dari Australia tersebut memiliki banderol mencapai Rp 7,2 juta.

Selain ketiga produk di atas, jajaran produk dash cam di Indonesia juga hadir dari berbagai produsen lain seperti Transcend, Philips, Tech Care, sampai Garmin dan Xiaomi. Masing-masing merek mengandalkan kemampuan dan fiturnya masing-masing.

Teliti Spesifikasi dan Fitur

Saat akan membeli dash cam untuk pertama kalinya, tidak ada salahnya kalau kita bisa melakukan survey untuk mengetahui bagaimana spesifikasi dan fitur apa saja yang dimiliki pada dash cam, termasuk kelengkapannya.

Umumnya paket kelengkapan standar produk dash cam sudah termasuk bracket untuk dipasang di kaca mobil, baterai rechargeable, kabel pengisian ulang baterai dan tidak jarang memory card. Seperti pada Tech Care DVR TC-207, dengan harga termurah dash cam satu ini sudah memiliki resulosi video hingga 1080 pixel.

Salah satu fitur paling penting yang perlu dimiliki oleh dash cam adalah emergency recording, yang secara otomatis akan melakukan perekaman dan penyimpanan data terpisah saat kendaraan terdeteksi kemungkinan kecelakaan. Fitur ini mengandalkan G-sensor untuk mengukur guncangan yang dialami mobil.

Memilih dash cam akan lebih baik bila dalam paketnya sudah termasuk dua kamera untuk merekam bagian depan dan belakang kendaraan. Akan lebih baik juga kalau dash cam memiliki lensa lebar dan fitur night vision yang meningkatkan visibilitas saat malam atau kondisi gelap.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com