JAKARTA – Arang aktif telah digunakan dalam pengobatan kuno di India (Ayurveda) dan Tiongkok sejak ribuan tahun lalu. Bahkan kini arang aktif dianggap makanan super (superfood).

Tidak seperti arang biasa, arang aktif tidak menghasilkan zat pemicu kanker (karsinogen) tetapi memberikan dampak sehat untuk tubuh. Ini disebabkan arang aktif dihasilkan dari kayu, gambut maupun batok kelapa yang dibakar perlahan dengan oksigen.

Proses ini menghasilkan arang yang sangat berpori dan tidak berpolar. Alhasil ‘Si Hitam’ ini sangat mudah mengikat, melawan maupun menyerap racun hydrophobic, aroma gas ataupun cairan hingga 1.000 kali beratnya. Arang aktif biasanya tersedia dalam bentuk bubuk, pil, butiran, kubus, spons dan kain.

Menyerap racun

Konsumsi arang aktif efektif sebagai pengobatan pertama keracunan makanan. Selain itu, bahan ini juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti perut kembung dan diare.

Arang aktif sangat kuat menyerap racun. Bahkan menyerap zat lain seperti nutrisi dan obat-obatan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya mengonsumsi pil arang aktif saat perut kosong atau 2-3 jam sebelum makan.

Memutihkan gigi

Membersihkan gigi menggunakan arang menjadi kebiasaan lama masyarakat di Pedesaan Tanzania, wilayah bagian Afrika Selatan. Beberapa pasta gigi telah menambahkan arang aktif untuk membantu memutihkan gigi. Anda juga bisa menambahk bubuk arang aktif pada pasta gigi.

Namun, Anda tidak disarankan menggunakannya dengan menyikan gigi. Arang aktif sangat mudah mengikis enamel gigi. Sebaiknya, Anda hanya memoles gigi dan membiarkan selama tiga menit, lalu membilasnya. Anda pun tidak disarankan menggunakan pasta gigi ini setiap hari.

Membersihkan wajah

Masker mengandung arang aktif membantu mengangkat kotoran dan minyak. Hanya saja, efek detoksifikasi arang kurang efektif pada kulit karena larut dalam lemak. Sementara bakteri penghasil racun terdapat dalam minyak yang licin.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, arang aktif juga sering digunakan untuk menghilangkan bau, termasuk bau badan, bau tak sedap dalam lemari es dan bau ruangan. Bahkan serat karbon pada pakaian dalam dapat menyaring angin kentut agar tidak bau.

Source: link