JAKARTA – Sistem navigasi berbasis satelit yang dikenal sebagai Global Positioning System (GPS) ini tadinya hanya untuk kepentingan militer. Kini, manfaatnya amat banyak.

Tak hanya peta atau sistem navigasi yang biasa Anda gunakan, GPS memiliki banyak manfaat lainnya. Teknologi ini telah bertransformasi dan amat bermanfaat bagi manusia. Berikut diantara kegunaan GPS.

Mencegah Serangan Hiu: Organisasi OCEARCH memantau hampir 50 hiu besar yang telah ditempelkan alat GPS. Ketika mereka terlalu dekat pantai, penjaga pantai akan tahu dan warga diminta keluar dari air. GPS pada hiu juga digunakan untuk mengamati tingkah laku predator tersebut.

Melacak Obat Curian: Kepolisian New York (NYPD) telah menggunakan teknologi ini untuk memantau perampok yang mengincar pasokan obat penahan rasa sakit oxycodone untuk kegunaan non-medis. NYPD menyembunyikan pelacak GPS ke dalam salah satu kemasan dan menyamarkannya seperti obat.

Mengikuti Kucing Rumahan: Penasaran apa yang dilakukan kucing ketika pemiliknya bekerja atau keluar rumah? Sekelompok periset dari Museum of Natural Sciences dan North Carolina University meletakkan pemancar GPS pada kucing peliharaan, kemudian mengumpulkan datanya untuk para pemilik.

Memandu Mobil Tanpa Pengemudi: Visi masa depan ini sudah terwujud. Namun bagaimana cara membuat mobil ini aman? Google mengembangkan teknologinya sejak 2014 menggunakan sinergi GPS, sensor dan kamera. GPS akan menentukan lokasi, kecepatan dan arah mobil.

Mengawasi Penderita Demensia: Perawat pasien demensia kini tak perlu lagi khawatir dengan teknologi GPS yang disematkan ke sepatu bernama SmartSoles. Kerjasama perusahaan alas kaki Aetrex dan firma teknologi GTX ini akan memberitahu pengawas ketika si pasien keluar area aman dan lokasinya.

Layanan Masyarakat: Salah satu yang sedang berjalan adalah imbauan untuk menggunakan kondom guna mencegah penyakit menular seksual dan kehamilan dini. Kota Kent di Inggris menggunakan metode ini untuk para remaja, yang selalu lengket dengan ponselnya, melalui aplikasi Kent C Card sejak 2012.

Source: link