JAKARTA – Sony baru saja memperkenalkan anggota terbaru keluarga kamera digital terbaru mereka lewat Sony Cyber-shot RX100 V.

Berbeda dengan pendahulunya, kamera Sony dengan kode produksi DSC-RX100M5 ini diklaim sebagai kamera digital dengan autofocus (AF) tercepat di dunia (diantara kamera digital lensa fixed dengan sensor type-1.0), yakni hanya 0,05 detik saja.

Kemampuan autofocus tersebut didapat dengan adanya fitur Fast Hybrid AF yang menggabungkan focal-plane phase detection AF dengan contrast detection AF. Meski sangat responsif dalam mengunci objek, bukan berarti hasil foto yang tercipta menjadi blur.

Pasalnya, Sony Cyber-shot RX100 V juga diimbangi dengan 315 titik AF dengan cakupan 65 persen dari sensor yang diklaim mampu ‘membekukan’ objek, meskipun objek tersebut sedang bergerak dengan cepat tanpa arah yang bisa diprediksi.

Selain itu, Sony Cyber-shot RX100 V memiliki shutter Anti Distorsi berkecepatan tinggi (kecepatan maksimum 1/32000 detik) yang meminimalisir efek rolling shutter yang biasa dialami pada benda yang bergerak cepat. Shutter speed yang cepat ini memungkinkan kamera untuk menangkap gambar secara tajam dan jelas

Sementara untuk otak penggerak, Sony Cyber-shot RX100 V dipersenjatai sensor gambar CMOS Exmor RS 20,1 MP efektif yang memiliki sensor AF deteksi fase bidang fokus, mesin pemroses gambar BIONZ X, dan front-end LSI yang disempurnakan demi mendukung pemrosesan gambar merupakan sensor yang dikontrol secara efektif. Gabungan semua itu mencapai respons AF 0,05 detik2 dan pengambilan gambar kontinu dengan pelacakan AF/AE pada kecepatan hingga 24 fps.

Rencananya, kamera digital terbaru ini segera tersedia di akhir Desember 2016 dengan harga yang masih dirahasiakan.

Source: link