JAKARTA – Kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi buah pepaya ketimbang daunnya. Padahal, daun pepaya juga tidak kalah penting untuk dikonsumsi karena memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Memperkuat Imunitas Tubuh
Dalam sehelai daun pepaya, tersimpan senyawa bernama acetogenin yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Senyawa itu pula yang menghindarkan tubuh dari partikel radikal bebas yang bisa melahirkan sel kanker.

Meningkatkan Produksi Trombosit
Beberapa negara di Benua Afrika menjadikan daun pepaya sebagai tahapan profilaksis untuk mencegah penyebaran penyakit malaria dan demam berdarah. Pasalnya, daun berjari ini memiliki enzim papain yang ampuh untuk mendongkrak produksi trombosit dalam darah.

Melancarkan Pencernaan
Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat daun pepaya juga efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya enzim amylase, chymopapain, dan protase yang bisa menghancurkan bakteri di dalam saluran pencernaan.

Mengobati Liver
Untuk para pengidap penyakit liver, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun pepaya dalam proses penyembuhannya. Menurut  laporan Boldsky, Selasa (04/04/2017), daun yang lebih dikenal dengan sebutan kates ini mengandung karpain, senyawa yang ampuh memberantas infeksi pada hati yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti jamur, cacing, bakteri, dan parasit berbahaya lainnya.

Source: link