JAKARTA– Pada penghujung akhir tahun ini, Bank Indonesia merilis desain baru uang NKRI.

Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang Rupiah baru Tahun Emisi 2016 sebagai alat pembayaran sah di NKRI pada Senin (19/12/2016). Terdapat 12 gambar pahlawan nasional yang dicetak pada empat pecahan rupiah logam dan tujuh pecahan rupiah kertas.

Rupiah kertas

Terdapat tujuh pecahan rupiah dengan desain terbaru meliputi Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000 dan Rp1.000. Seluruh uang kertas dibuat menggunakan kertas khusus berbahan dasar serat kapas.

Uang Rupiah Nominal rupiah tertinggi, Rp100.000 tetap menampilkan dua gambar tokoh proklamator Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta dengan dominasi merah pada bagian depan. Sedangkan bagian belakang terdapat gambar seorang penari Topeng Betawi, pemandangan alam Raja Ampat dan Anggrek Bulan.

Pecahan Rp50.000 tetap didominasi biru, hanya saja gambar I Gusti Ngurah Rai diganti dengan Ir. H. Djuanda Kartawidjaja pada bagian depan. Sementara bagian belakang tercetak gambar seorang penari Legong dengan pemandangan alam Taman Nasional Komodo dan Jepun Bali.

Dominasi hijau tetap melekat pada pecahan Rp20.000 baru. Seperti pecahan rupiah terbaru lainnya, uang ini menampilkan gambar Dr. G.S.S.J. Ratulangi menggantikan Otto Iskandardinata. Kemudian sisi belakang uang terdapat gambar seorang penari Gong lengkap dengan pemandangan alam Derawan dan Anggrek Hitam.

Begitu pula pada pecahan Rp10.000 yang didominasi ungu dan bergambar tokoh pahlawan Papua, Frans Kaisiepo. Bagian belakang berhiaskan gambar seorang penari Pakarena dan Cempaka Hutan Kasar.

Selanjutnya pecahan Rp5.000 dipenuhi warna cokelat dengan gambar Dr. K.H. Idham Chalid. Pada sisi belakang dihiasi gambar seorang penari Gambyong lengkap dengan pemandangan Gunung Bromo dan Sedap Malam.

Sementara pecahan Rp2.000 dengan dominasi abu-abu terdapat gambar Mohammad Hoesni Thamrin dan bagian belakang menampilkan penari Piring, pemandangan alam Ngarai Sianok dan Jeumpa.

Khusus pecahan Rp1.000 menampilkan tokoh pahlawan perempuan, yakni Tjut Meutia dengan dominasi hijau. Sisi belakang uang ini dihiasi gambar penari Tifa, pemandangan alam Banda Neira dan Anggrek Larat.

Rupiah logam

Rupiah pecahan logam terbaru berbahan dasar Nickel Plated Steel (Rp1.000) dan aluminium (Rp500, Rp200 dan Rp100). Tampilan mengilap Rp1.000 persis seperti pecahan rupiah Rp1.000 sebelumnya. Namun, desain kali ini mencetak gambar I Ketut Gusti Pudja dengan dominasi putih keperakan.

Sedangkan pecahan Rp500 terdapat gambar Letjen TNI T.B. Simatupang, Rp200 menampilkan gambar Dr. Tjiptomangunkusumo dan Rp100 dihiasi gambar Prof. Dr. Ir. Herman Johannes. Ketiga pecahan rupiah ini didominasi putih aluminium seperti desain pecahan rupiah sebelumnya.

Source: link