JAKARTA – Mudik merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman, menjadi ritual tahunan bagi masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang pulang kampung namun meninggalkan sepeda motor di rumah dalam waktu cukup lama, ada baiknya lakukan hal berikut ini supaya motor tetap awet meski ditinggal mudik beberapa hari.

Berikut tips dari Astra Motor, supaya motor tetap prima meski tidak dipakai dalam beberapa hari.

1.Tinggalkan motor dalam kondisi bersih dan kering supaya terhindar dari korosi atau karat selama ditinggal mudik.

2.Pastikan tempat penyimpanan benar-benar bersih dan tidak mudah terkena air saat hujan tiba. Jika ada sarung penutup ada baiknya gunakan sarung penutup.

3.Jangan tinggalkan motor dalam keadaan bensin terisi, usahakan kuras tangki bahan bakar dan kosongkan tangki BBMnya. untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.

4.Gunakan penyangga tengah saat memarkirkan motor Anda, diberi alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab, ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes.

5. Cabut semua kabel yang terhubung langsung dengan aki, supaya tidak ada arus listrik yang terbuang, jangan lupa cabut kabel busi.

6.Meski motor di simpan di dalam rumah atau di luar, jangan lupa kunci setang dan pakai kunci pengaman tambahan. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jangan langsung dihidupkan dan digeber-geber.

Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki.

Source: link 

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com