JAKARTA – Sebagai pengguna ponsel aktif, charger merupakan salah satu barang yang sangat kita butuhkan. Namun kadang-kadang kita kurang memperhatikan perawatan charger ponsel sehingga cepat rusak. Harga charger terbilang lumayan mahal, nah daripada buang-buang uang mending sejak sekarang rawatlah charger ponsel kamu.

Inilah tips merawat charger ponsel agar awet.

Simpan dengan aman
Ketika tidak sedang dipakai, simpanlah charger ponsel di dalam box charger dan taro di tempat yang aman agar tidak jatuh, terkena debu atau air. Sebaiknya jangan menyimpan charger dengan cara digantung, karena kabel bisa putus.

Gunakan dengan pintar
Gunakan charger dengan pintar, cabutlah charger setelah bar petunjuk baterai terisi penuh dan jangan biarkan charger menggantung pada colokan listrik. Pada saat mengecas usahakan ponsel dalam posisi off, selain agar baterai cepat penuh, juga untuk menghindari baterai menggelembung.

Gulunglah dengan benar
Jangan menggulung kabel charger dengan sudut yang tajam atau mengikat kabel data dengan sudut mati karena akan membuat komponen dalam kabel tidak putus. Gulung kabel berbentuk bulat lalu ikat dengan tali agar terlihat rapi.

Pakai pelindung kabel
Lindungilah kabel charger dengan pelindung kabel yang sekarang sudah banyak dijual dipasaran. Dengan pelindung kabel, selain aman, charger juga akan terlihat keren.

Hindari meminjam charger orang lain
Sediakan charger cadangan di kantor atau selalu bawa charger di tas. Usahakan untuk tidak meminjam charger orang lain, karena selain belum tentu sesuai dengan tipe baterai ponsel kamu, bisa juga charger yang digunakan bukan original dan berakibat menurunnya kualitas baterai serta charger smartphone kamu.

Source: link