JAKARTA – Seiring dengan diluncurkannya Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu turut memperkenalkan asisten digital miliknya, Bixby. Lantas, seperti apakah keistimewaan pesaing Siri-nya iPhone tersebut?

Secara keseluruhan, asisten digital Samsung ini memiliki tiga ‘pekerjaan’, yaitu merekomendasikan sesuatu, mengingatkan jadwal atau rencana pengguna, dan melihat kondisi sekitar via Bixby Vision. Sama halnya seperti Siri, Bixby juga merespon pengguna Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus dengan suara (voice agent).

Sedangkan keistimewaan Bixby ada pada tugas di poin utama, yaitu merekomendasikan sesuatu. Yap, fitur ini tidak terdapat di asisten digital lainnya yang ada saat ini. Ringkasnya, teknologi yang diracik dari kecerdasan buatan (AI) ini mampu memahami konteks yang ditampilkan layar smartphone.

Secara bertahap, Bixby akan mempelajari kebiasaan dan keseharian pengguna ketika menggunakan Galaxy S8 sehingga ia bisa merekomendasikan pilihan yang lebih baik. Contohnya ketika Ganlobers menginginkan jaket dengan kriteria tertentu, kalian tinggal mengambil gambar jaket yang diinginkan, lalu dalam beberapa saat Bixby akan menganalisa merek, jenis, dan tempat kalian bisa membelinya.

Sedangkan dua fitur lainnya, hampir serupa dengan asisten digital milik ‘tetangga’.

Source: link