JAKARTA  – Bagi Anda yang hendak mudik menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan transportasi, ada baiknya lakukan perawatan motor sebelum melakukan perjalanan mudik, supaya selama perjalanan nyaman.

Simak tips perawatan motor sebelum mudik yang diberikan oleh Stanley Sibuea, selaku Kepala Mekanik AHASS 7424 Stanley Depok.

Stanley menyarankan, ada baiknya lakukan perawatan motor 2 atau 1 minggu sebelum keberangkatan, supaya waktu pengerjaan benar-benar maksimal dan jika ada part yang harus diganti bisa segera diatasi.

“Untuk perawatan sebaiknya 2 atau satu minggu sebelum perjalanan, tujuannya supaya hasilnya maksimal, dan jika ada part yang diganti bisa segera diganti supaya dalam perjalanan aman dan nyaman,” ujar Stanley, Rabu (31/5).

Perawatan dan pengecekan yang harus dilakukan yakni, karburator jika motor masih menggunakan karburator, injector jika injeksi.

Periksa sistem pengapian, periksa bearing (laher) roda, periksa kondisi rem depan belakang, periksa rantai atau gir set, periksa filter udara jika menggunakan saringan udara, dan jangan lupa ganti pelumas mesin.

Jika menggunakan motor skuter otomatik (Skutik), ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dan harus diperiksa, yakni van belt, roller, busi, filter udara dan oli gardan. Bila jarak tempuh sudah mencapai 17000 Km sebaiknya filter udara segera diganti.

“Meski motor baru, misalkan belum sampai 5000 km ada baiknya periksa semua komponen, apalagi jika motor dipergunakan setiap hari, tujuannya untuk memastikan kondisi motor benar-benar prima, sebaiknya periksakan di bengkel resmi,” saran Stanley.

Source: link 

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com