JAKARTA – Selama Ramadan tahun lalu, banyak pengguna internet Tanah Air mengakses YouTube dan Google.  Kata Al Quran paling banyak dicari.

Google merilis data penggunaan internet di Indonesia selama Ramadan 2016. Data tersebut menunjukkan waktu menonton YouTube melonjak lima kali dan volume pencarian di Google meningkat dua kali lipat dibandingkan selain bulan Ramadan.

Menariknya, para pengguna internet di Indonesia selama Ramadan 2016 banyak mencari kata ‘Al Quran’ dengan volume pencarian meningkat 9 kali lipat atau melonjak 800% ketimbang Ramadan 2015.

Sementara Ramadan 2015, pengguna internet sibuk mencari kata kunci ‘Tiket Kereta Api’ di Google.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Ramadan menjadi momen meluangkan waktu lebih banyak bersama teman dan keluarga. Namun, penggunaan smartphone pun meningkat untuk kepentingan penelusuran resep masakan hingga membeli berbagai barang menjelang Lebaran.

Berdasarkan perilaku pengguna internet di Indonesia selama Ramadan tahun lalu, Google mengamati pengguna internet akan menelusuri lima hal pencarian selama Ramadan 2017.

1. Cara untuk menjadi pribadi yang baik

Terkait dengan kalimat penelusuran tersebut, beberapa frase ini meningkat tahun ke tahun, seperti ‘Ramadan dan Puasa’ (3%), ‘Agama dan Ibadah’ (75%) dan ‘Berbuat Baik’ (13%).

2. Cara untuk menjadi cantik luar dalam

Begitu pula penelusuran seputar cara mempercantik penampilan dan memperoleh ketenangan hati naik 31% serta tentang kesehatan dan kebugaran meningkat 21% dari tahun ke tahun.

3. Ragam resep dan kuliner

Penelusuran momen khusus juga meningkat 16 kali lipat, seperti ‘Sahur on the Road’ dan ‘Pasar Ramadan’.

4. Diskon menarik

Tak hanya itu saja, pencarian promo melonjak drastis pada Ramadan.

5. Tiket kereta, bis dan pesawat

Tentu saja Ramadan menjadi momen penting untuk mempersiapkan mudik. Pencarian tiket kereta api paling banyak dicari pada tiga bulan menjelang Lebaran. Sementara tiket bis dan pesawat meningkat pesat satu bulan sebelum Lebaran.

Source: link