JAKARTA – Belimbing banyak dikonsumsi orang karena banyaknya khasiat yang dikandung dalam buah berbentuk seperti bintang ini. Sayang, penderita penyakit ginjal diharuskan menjauh dari buah tropis ini.

Menurut laporan Livescience, Rabu (30/11), pengonsumsian belimbing dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan overdosis dan bahkan hingga keracunan.

Berdasarkan penelitian, kasus keracunan belimbing pertama kali terjadi di Malaysia tahun 1980 di Malaysia dengan efek depresi pada sistem saraf pusat. Sementara pada kasus lainnya, seseorang yang menderita gagal ginjal langsung koma setelah mengonsumsi lebih dari dua buah belimbing dalam satu hari.

Khusus untuk pasien penyakit ginjal, sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Nephrology mengungkapkan bahwa mereka akan mendapatkan reaksi buruk usai memakan buah ‘bintang’ ini, mulai dari turunnya fungsi ginjal, kerusakan ginjal permanen, hingga kematian.

Sementara di Hong Kong, seorang lansia dengan penyakit ginjal kronis dirawat di rumah sakit dalam keadaan detak jantung cepat setelah makan dua buah belimbing. Mulanya, gejala keracunan belimbing diawali dengan cegukan ringan, muntah, kelemahan tubuh, insomnia, perubahan kesadaran, kejang, hipotensi, dan diakhiri dengan serangan jantung.

Source: link