JAKARTA – Menarik melihat kaki-kaki All New Honda Scoopy yang diluncurkan Astra Honda Motor (AHM). Velg lingkar 14 inci di model terdahulu diganti menjadi 12 inci. Honda mengklaim hal itu untuk tujuan yang lebih baik.

Izumi Kanazawa, R&D Honda South Asia Company Limited mengatakan, meski memakai ukuran velg lebih kecil namun karena ban lebih ‘gendut’ maka total tingginya sama seperti model sebelumnya.

“Walaupun velg-nya lebih kecil diameter luarnya sama seperti velg 14 inci, sehingga untuk ketinggian sama. Tapi tetapi dari segi kenyamanan yang 12 inci lebih baik dari pada 14 inci, karena lebih stabil,” katanya.

Seperti diketahui, di model lama Scoopy memakai ukuran depan 80/90-14 dan belakang 90/90-14. Sedangkan di model baru lebih ‘gendut’ dengan ukuran ban depan 100-90/12 dan belakang 110-80/12.

Lebih dari itu, lanjut Kanazawa, meski memakai velg lebih kecil namun ground clereance justru meningkat 3% dari Scoopy lama. Hal ini bisa terjadi karena Honda membentuk ulang sambungan antara mesin dan sasis.

Hitungannya, ground clereance All New Scoopy bertambah 7 mm. Meski terlihat tidak signifikan, namun Kanazawa mengatakan hal tersebut bakal berpengaruh pada kenyamanan berkendara, dan daya libas motor.

Presiden Direktur AHM, Toshiyuki Inuma ikut berkomentar perihal kebaruan All New Scoopy. “Saya sudah mencobanya tanggal 27 Maret kemarin. Lebih nyaman dengan ban tebal dan velg 12 inci, meminimalisir getaran selain itu lebih stabil dan tetap lincah.”

“Ini memang motor lifestyle, kami tak melarang mereka (pemilik) memodifikasi All New Scoopy menjadi velg 17 inci seperti apa yang saat ini menjadi tren di anak muda. Tapi tentu saja ada konsekuensi safety. All New Scoopy dengan velg 12 inci ini kami tentunya sudah mempertimbangkan trend dan juga safety,” jelasnya.

“Kami hadirkan Scoopy diameter velg 12 inci untuk mengejar konsep retro. Scoopy baru juga jadi terlihat lebih bagus. Kaki-kakinya pas, memang cocoknya dia (Scoopy) seperti itu,” imbuh Johannes Loman, Vice President Director AHM.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com