JAKARTA – Majalah Forbes menyusun daftar para pemilik akun YouTube yang mengumpulkan pundi-pundi harta terbanyak sepanjang 2016. Siapa saja?

PewDiePie yang baru-baru ini mengumumkan akan menghapus akun YouTube-nya begitu memiliki 50 juta subscribers, adalah bintang digital yang menerima bayaran terbanyak sepanjang 2016. Gamer asal Swedia bernama asli Felix Kjellberg ini diperkirakan mengeruk US$15 juta selama Juni 2015-Juni 2016.

Ini tahun kedua YouTuber berusia 26 ini menduduki posisi puncak. Perolehannya meningkat 20% dibanding setahun sebelumnya yang tercatat US$12 juta. Resep suksesnya sederhana. Ia hanya membuat video Let’s Play berisi gamer memainkan game, serta narasi dan reaksinya terhadap permainan itu.

PewDiePie pun melebarkan sayap. Buku yang ia tulis, ‘This Book Loves You’ masuk ke jajaran bestseller New York Times. Serial YouTube Red-nya, Scare PewDiePie, diperbaru ke musim tayang kedua. Sementara video game kedua, PewDiePie’s Tuber Simulator, diunduh lebih dari sejuta kali hanya dalam 24 jam pertama.

Secara keseluruhan, menurut hitungan Forbes, YouTubers mendapat bayaran lebih banyak tahun ini ketimbang 2015. Sebanyak 12 selebritas internet mengumpulkan pendapatan gabungan US$70,5 juta selama 12 bulan yang berakhir Juni 2016. Jumlah ini naik 23% dbandingkan total tahun lalu.

Setelah PewDiePie adalah Roman Atwoodyang mendapatkan sekitar US$8 juta. Lelaki yang terkenal dengan video prank ini memiliki 10 juta subscibers dan pendapatannya naik 70% dibandingkan tahun lalu. Selain membintangi film, Atwood juga menjual merchandise seperti beanie, bolpoin, dan kacamata.

Berada di urutan ketiga adalah pemilik akun ‘Superwoman’, Lilly Singh, dengan US$7,5 juta. Dengan sembilan juta subscribers, perempuan asal Kanada ini dikenal karena videonya jujur, menyemangati, dan kocak. Ia punya dokumenter YouTube Red bertajuk ‘A Trip To Unicorn Island’ dan akan menerbitkan buku tahun depan.

Duo di balik merek SMOSH, Anthony Padilla dan Ian Hecox, berada di urutan selanjutnya dengan US$7 juta. Mereka sudah membintangi film pertama bertajuk Smosh: The Movie serta tengah sibuk menyiapkan film kedua untuk YouTube Red, Ghostmates yang dirilis 14 Desember ini.

Tyler Oakleydan Rosanna Pansinobersaing ketat di urutan kelima dengan jumlah sama, US$6 juta. Oakley (8 juta subscribers) tahun ini memiliki deal dengan Ellen DeGeneres untuk sebuah talk show digital. Sementara Pansino (7,3 juta subscribers) terkenal dengan membawakan acara memasak Nerdy Nummies.

Bersaing di posisi keenam adalah gamer Amerika Serikat Mark Fischbach (Markiplier) dan German Garmendiadari Chile, dengan US$5,5 juta. Keduanya yang termuda di daftar ini, masing-masing 27 dan 26 tahun. Channel milik Markiplier berpusat pada game sedangkan German lebih ke komedi masalah sehari-hari.

Juga bersaing di urutan ketujuh adalah si kocak Miranda Sings, bernama asli Colleen Ballinger, serta Rhett & Link dengan US$5 juta. Ballinger menciptakan Miranda pada 2008 dan sejak itu terus melambung namanya di lingkaran komedi Amerika Serikat. Ia sering tampil di acar bincang-bincang serta menulis buku sendiri.

Rhett & Link, nama lengkap Rhett James McLaughlin dan Charles Lincoln ‘Link’ Neal III ada komedian. Mereka memandu acara Good Mythical Morning dan memiliki serial berskenario di YouTube Red, Buddy System.

Tak disangka, bukan? Bahwa mereka yang menghibur Anda di YouTube ini ternyata memiliki penghasilan hanya dari membuat video.

Source: link