JAKARTA – Di era modern seperti sekarang ini, pria cenderung lebih maskulin dengan lebih memperhatikan penampilannya, termasuk dengan mengenakan beberapa aksesoris pria, seperti ikat pinggang.

Meski begitu, jangan sepelekan saat memilih ikat pinggang karena pemakaian gesper menjadi salah satu tolak ukur untuk menakar selera fashion pria. Jadi, ikuti terlebih dahulu panduan memilih ikat pinggang pria berikut ini.

Panjang Ikat Pinggang
Pemilihan ikat pinggang tentu saja harus dicocokan dengan gaya busana pria itu sendiri. Saat berpakaian formal yang biasanya memakai celana bahan, kaum Adam disarankan untuk memilih ikat pinggang yang panjangnya melewati kepala sabuk (gesper) setelah dikencangkan. Minimal, melewati cincin penahan (belt loop) pertama.

Sedangkan untuk ikat pinggang casual, Ganlobers lebih fleksibel untuk menentukan panjang sabuk sesuai dengan keinginan kalian. Namun, tetap saja harus melewati bar pertama cincin penahan agar terlihat lebih modis.

Kepala Sabuk alias Gesper (Buckle)
Lumrahnya, semakin besar ukuran gesper, maka semakin tidak cocok dipakai untuk acara formal. Untuk acara resmi, biasakan untuk memilih ukuran kepala ikat pinggang yang lebih kecil dan datar. Sebaliknya, gesper yang lebih besar lebih cocok disandingkan dengan celana non formal, seperti jeans.

Warna Sabuk
Sebenarnya cukup simple untuk memadumadankan warna sabuk dengan busana pria. Rahasianya, ada pada warna sepatu. Jika sepatu berwarna hitam dan terbuat dari kulit, maka kenakanlah ikat pinggang kulit dengan warna hitam. Intinya, sesuaikan warna ikat pinggang dengan sepatu yang kalian pakai.

Source: link