HUNGARIA – Indonesia pamerkan karya fotografi dan topeng khas Bali di kota wisata Szantodpuszta, Hungaria selama dua pekan.

Kedutaan Besar RI di Hungaria menghadirkan pameran bertajuk Indonesia Menampilkan Topeng Pertunjukan dan Keragaman Budaya Bali di Pusat Pariwisata dan Kebudayaan Szantodpuszta, Balaton, Hungaria pada 14 Juli 2017 selama dua pekan.

Pameran yang dibuka secara resmi Duta Besar RI untuk Hungaria, Y.M Wening Esthyprobo Fatandari ini menampilkan 16 karya foto dari fotografer Hungaria, Atilla P. Kovacs, 20 topeng dan 10 wayang kulit koleksi Peter Bezi.

Di sela-sela pembukaan acara, Dubes Wening menilai, tidak banyak masyarakat internasional yang tahu seni topeng Indonesia. Pameran ini dapat menjadi sarana tepat mempromosikan Indonesia.

“Pameran ini diharapkan menarik lebih dari 2.500 pengunjung selama dua pekan,” ucapnya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Pameran foto dan topeng Indonesia menjadi sinergi Center of Tourism and Culture of Szantodpuszta dan Asosiasi Budaya Indonesia-Hongaria dan KBRI Budapest. Gelaran ini sekaligus ajang promosi bagi warga Hungaria dan negara-negara Eropa Tengah untuk mengunjungi Bali dan wilayah lain di Indonesia.

Tak hanya menampilkan foto dan topeng saja, beragam tarian dan makanan tradisional khas Indonesia juga tersedia di pameran yang diselenggarakan di Kota Szantodpuszta, Balaton berjarak 115 km dari Budapest.