JAKARTA – Di saat banyak vendor lainnya berlomba-lomba untuk merilis smartphone flagship, OPPO lebih memilih bertahan dengan mempertajam penetrasi mereka di segmen ponsel selfie yang masih banyak diminati masyarakat Indonesia dengan melepas OPPO F3 Plus, beberapa waktu lalu. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan OPPO F3 Plus? Kita ulik bersama-sama.

Kelebihan
Berbeda dengan seri F1 yang membawa layar 5,5 inci, OPPO F3 Plus mengadopsi layar jumbo, yaitu 6 inci. Catatan menariknya, layar sebesar itu bermaterialkan JDI Incell. Sekadar pengingat, panel layar ini dipakai untuk smartphone andalan Apple, iPhone. Dengan layar ekstra tersebut, OPPO F3 Plus bisa dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan multimedia, seperti menonton video, mendengarkan musik, hingga bermain game.

Mengetahui ponsel ini diperuntukkan untuk kebutuhan multimedia, OPPO berinisiatif menyematkan daya yang cukup besar. Dengan baterai VOOC berkapasitas 4.000 mAh, Ganlobers akan lebih nyaman menggunakan smartphone 4G LTE ini dalam waktu yang lama.  Saat melakukan review OPPO F3 Plus, terus terang saja Akang penulis takjub dengan ketahanan baterainya, karena bisa dipakai untuk ngabuburit dengan bermain game. Selain itu, pengisian baterai dari nol hingga full 100% hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam 40 menitan.

Soal performa, dapur pacu OPPO F3 Plus dimotori prosesor Qualcomm Snapdragon 653 yang dipadukan dengan kartu grafis Adreno 510. Sementara untuk bagasi data, smartphone dual nano SIM ini dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Yap, cukup luas untuk menampung aneka aplikasi maupun data lainnya. Seandainya kurang, Ganlobers pun bisa mendongkraknya hingga 256 GB via MicroSD.

Sudah Snapdragon. OPPO F3 Plus datang dengan chipset Qualcomm, yakni CPU Snapdragon 653 dan GPU Adreno 510. SD 653 sendiri adalah prosesor kelas menengah tertinggi dari Qualcomm saat ini. CPU ini ditemani RAM 4 GB dan storage 64 GB. Performanya memuaskan dengan skor AnTuTu 91 ribu poin.

Selain baterai dan performa, kelebihan OPPO F3 Plus yang tidak kalah ciamik berasal dari fitur kameranya. Karena turun di segmen selfie, kamera depan-lah yang menjadi nilai jual smartphone terbaru ini.

Sanggup untuk melakukan group selfie alias swafoto rame-rame. Yap, OPPO F3 Plus dipersenjatai dengan kamera depan ganda yang masing-masing beresolusi 16 MP dengan angle 80 derajat, dan satu lainnya beresolusi 8 MP dengan angle 120 derajat yang dipakai untuk selfie rame-rame. Singkatnya, Ganlobers enggak perlu lagi bawa tongsis kemana-mana jika ingin melakukan group selfie.

Beranjak ke kamera belakang, OPPO menyematkan sensor Sony IMX398 beresolusi 16 MP dengan bukaan f/1.7. Artinya, F3 Plus cukup apik saat dipakai memotret dalam kondisi minim cahaya.

Kekurangan
Dengan layar yang lebih besar, tentu saja bodi OPPO F3 Plus secara keseluruhan termasuk bongsor. Akibatnya, Ganlobers tidak akan nyaman jika menyimpannya di saku celana. Bagi kaum Hawa, mungkin kalian memerlukan dua tangan untuk mengoperasikan ponsel ini.

Sungguh disayangkan, OPPO F3 Plus masih melintas di OS Marshmallow dan belum mengadopsi sistem operasi Android terbaru, Nougat 7.0. Padahal, ColorOS bawaan OPPO akan bisa lebih responsif lagi jika sudah memakai OS paling mutakhir itu.

Kesimpulan
Dengan banderol Rp. 6.499.000, OPPO F3 Plus cukup “worth it” untuk dimiliki para penggila swafoto maupun kaum gamers. Layar lebar yang diselaraskan dengan daya baterai jumbo bakal membuat anda betah berlama-lama untuk memaksimalkan seluruh fitur yang diusungnya.

Source: link