JAKARTA – Ini alasan mengapa berat badan tak kunjung turun hanya dengan olahraga saja.

Sebuah penelitian menunjukkan olahraga tanpa diserta diet sehat tidak membantu menurunkan berat badan dan hanya mempertahankan berat badan saja.

Studi yang dipublikasi pada Januari lalu dalam jurnal PeerJ menemukan beberapa orang yang berolahraga lebih justru berat badannya meningkat setelah dua tahun. Sementara mereka yang tidak banyak olahraga malah mengalami penurunan berat badan.

Studi ini menguji 1.900 responden di Amerika Serikat, Ghana, Afrika Selatan, Jamaika dan negara kepulauan di Samudera Hindia (Seychelles). Mereka dibagi dua kelompok yakni mengikuti pedoman olahraga intensitas moderat setengah jam hingga dua jam per pekan (U.S. Surgeon General’s physical activity guidelines) dan tanpa pedoman olahraga tersebut.

Penelitian ini berjalan selama dua tahun dengan memantau berat badan, tinggi badan dan lemak tubuh selama tiga kali pada awal penelitian, tahun pertama dan tahun kedua. Misalnya berat rata-rata laki-laki dan perempuan di Ghana 63 kg, laki-laki AS (93 kg), perempuan AS (92 kg).

Hasil penelitian menemukan beberapa orang yang pengikuti pendoman olahraga tersebut lebih cenderung mengalami kenaikan berat badan. Contohnya laki-laki AS dengan pedoman olahraga ini rata-rata mendapat kenaikan berat badan setengah kilogram per tahun. Sedangkan laki-laki AS yang tidak mengikuti panduan olahraga justru mengalami penurunan berat badan dengan angka yang sama.

Dilansir Livescience.com, peneliti utama di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, Lara Dugas mengatakan, tidak diketahui alasan olahraga menambah berat badan. Namun, penjelasan yang memungkinkan adalah nafsu makan yang meningkat menyebabkan orang makan lebih dari biasanya.

Namun, Dugas tidak menyarankan berhenti olahraga karena aktivitas ini banyak manfaatnya. Berdasarkan literatur, olahraga teratur menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker. Olahraga juga terkait dengan perubahan mood yang lebih baik dan kesehatan mental.

Source: link