JAKARTA – Ramadhan tinggal menghitung hari. Oleh karena itu, bukan hanya aspek spiritual saja yang perlu disiapkan untuk menyongsong bulan puasa, namun juga meliputi faktor kesehatan, termasuk dengan memilih makanan yang akan dijadikan sebagai menu sahur.

Menurut ahli diet klinis dari Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, Rahma Ali, menu sahur yang baik adalah sajian yang sanggup membuat tubuh terhidrasi selama menjalani puasa.

“Sahur perlu sehat untuk memberi cukup energi agar bertahan selama berjam-jam puasa. Penting agar makanan yang Anda konsumsi membuat tubuh terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pilihan makanan selama sahur,” ujarnya seperti dikutip dari Khaleejtimes, Jumat (26/05/2017).

Maka dari itu, Rahma Ali merekomendasikan nutrisi yang ‘wajib’ ada dalam menu sahur, seperti yang berikut ini:

Protein
Paling simpel, kandungan protein bisa didapat dari telur. Selain dapat dikreasikan menjadi masakan yang berbeda, telur juga sanggup memberikan energi yang diperlukan untuk puasa.

Serat
Selain nasi, gandum juga bisa menjadi alternatif asupan serat yang ada pada menu sahur. Fungsinya cukup jelas, serat akan melancarkan pencernaan sekaligus membantu menurunkan kolesterol dan gula darah.

Kalsium dan Vitamin
Kalsium dan vitamin bisa anda temukan dalam susu. Agar manfaatnya lebih maksimal, kombinasikan dengan madu agar daya tahan tubuh kalian lebih prima selama berpuasa.

Source: link