JAKARTA – Keinginan manusia untuk mengendarai sebuah robot kini bukan menjadi sebuah mimpi lagi. Pasalnya, Hankook Mirae Technology berhasil membangun sebuah robot yang dikendarai manusia.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu baru saja mendemonstrasikan robot barunya yang bisa dikendarai oleh manusia layaknya adegan dalam sebuah film fiksi ilmiah. Terlahir dengan nama Method-2, wujud robot setinggi 4 meter dengan bobot 1,3 ton ini bakal mengingatkan Ganlobers pada film Avatar.

Secara keseluruhuan, desain robot Method-2 terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kokpit, kaki, dan tangan. Selain itu, robot mutakhir ini juga dilengkapi dua lengan khusus yang telah dipersenjatai teknologi motion tracking.

Sementara untuk desain robot, pihak Hankook telah menjalin kerjasama dengan desainer SFX Holywood, Vitaly Bulgarov, yang sukses menggarap Transformers, Robocop, dan Terminator.

Meski terlihat keren untuk dipamerkan, namun tujuan dibuatnya robot Method-2 ini ditujukan bagi para pekerja yang bertugas lingkungan berbahaya, seperti pertambangan, perminyakan, dan evakuasi bencana alam.

“Robot ini diciptakan secara khusus agar manusia dapat bekerja di lingkungan ekstrem dan berbahaya bagi manusia,” tutur CEO Hankook Mirae Technology, Yang Jin-Ho.

Lalu, apakah Ganlobers tahu berapa besar budget yang harus dikeluarkan Hankook untuk merakit robot Method-2 ini? Telegraph melansir, Rabu (28/12), Hankook telah mengucurkan dana sebesar 200 juta USD atau sekitar Rp. 2,6 triliun.

Saat ini, Method-2 masih dalam tahap pengembangan sehingga belum siap untuk dipasarkan secara global.

Source: link