JAKARTA – Memiliki rambut sehat adalah impian semua pria. Jika rambut sehat, maka penampilan pun akan terlihat lebih oke. Namun banyak sekali pria yang sering tidak peduli dengan kesehatan rambut, padahal merawat rambut itu tidak terlalu ribet kok.

Berikut tips gampang cara merawat rambut agar tetap sehat.

Gunakan shampo sesuai jenis rambut
Pilihlah shampo sesuai dengan jenis rambut kalian, apakag itu kering, kusam, rontok atau berminyak. Rutinlah membersihkan rambut dengan shampo, karena kulit kepala yang kotor dapat memicu kerontokan dan kerusakan rambut. Bila perlu pakailah juga kondisioner agar rambut tetap lembab.

Sisirlah rambut
Menyisir rambut secara teratur dan lembut dapat membantu jaringan pembuluh darah berfungsi dengan baik hingga darah bisa beredar secara merata, sehingga dapat merangsang akar rambut menjadi kuat.

Sisirlah rambut setelah dikeringkan dengan handuk (hindari hair dryer), tidak dianjurkan menyisir rambut saat basah, karena ketika basah rambut 3 kali lebih lemah dan gampang rontok.

Lindungi kulit kepala
Lindungilah kulit kepala, terutama saat beraktivitas di siang hari, karena sinar matahari bisa membahayakan kesehatan rambut. Kulit kepala yang terkena panas akan mengeluarkan keringat, sehingga membuat debu dan kotoran lain lebih gampang melekat pada rambut. Nah, rambut yang kotor berdampak pada kesehatan rambut dan kulit kepala.

Memakai topi atau payung adalah beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari.

Pilihlah produk yang sesuai untuk rambut
Selain shampo, perhatikan juga produk rambut lain yang biasa kalian pakai. Pastikan produk tersebut, seperti wax, gel atau pomade sesuai dengan jenis rambut kalian. Jangan terlalu sering gonta-ganti produk perawatan rambut dan segeralah bersihkan rambut jika selesai beraktivitas.

Minum vitamin dan lakukan perawatan alami
Minumlah vitamin secara teratur, namun akan lebih baik jika kalian mengonsumsi buah dan sayur secara alami sehingga kulit kepala menjadi sehat. Kalian juga bisa melakukan perawatan rambut secara alami dengan menggunakan lidah buaya, telur dan madu.

Olahraga secara teratur
Tubuh yang sehat tentu saja akan mempengaruhi kesehatan kepala dan rambut. Salah satu cara agar tubuh tetap sehat, selain mengonsumsi makanan bergizi adalah dengan berolahraga. Berolahragalah secara rutin, minimal olahraga ringan.

Source: link