JAKARTA – Ada kesamaan para korban serangan ransomware berupa virus bernama WannaCry ini.

Menurut situs Mashable, sangat penting untuk diketahui bahwa para korban dan peralatan yang diserang WannaCry menggunakan versi Windows lama yang kemungkinan tidak menjalani update dan tak support beberapa program penting.

Banyak alasan praktis di balik penggunaa program atau sistem operasi lama. Salah satu yang utama adalah perusahaan dan lembaga pemerintahan menggunakan software khusus yang hanya bekerja di sistem operasi lama.

Seperti serangan yang menimpa rumah sakit. Jika mesin MRI menggunakan sistem operasi Windows XP, perlu diketahui bahwa sistem tersebut merupakan targetnya. Namun begitu, kita tak bisa menyalahkan Microsoft.

Jika Anda rutin menjalankan update sebagaimana diminta oleh sistem operasi, tak perlu khawatir. Apalagi jika sudah menggunakan Windows 8, 8.1 dan 10 yang sejak awal sudah dibuat untuk mengamankan para penggunanya diantara ranjau internet.

Windows 10 sudah amat canggih. Jika Anda tak sengaja mengunduh malware, ‘code integrity’ sistem operasi tersebut akan mencegah software tak dikenal mengeksekusi kodenya.

Jika Anda masih khawatir, ikuti langkah pencegahan dan antisipasi yang direkomendasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Source: link