JAKARTA – Hewan bisa bersantai di satu detik dan berlari secepat kilat mengejar mangsa di detik berikutnya. Lalu mengapa manusia harus pemanasan sebelum olah raga?

Pelatih olah raga manapun pasti mewajibkan Anda melakukan pemanasan sebelum memulai latihan atau kegiatan atletik lainnya. Ada alasan penting selain mencegah cedera dan mendapatkan performa yang lebih baik.

Sederhananya, pemanasan meningkatkan aliran darah ke otot yang berarti menambah jumlah asupan oksigen dan nutrisi. Otot pun disiapkan untuk melakukan kerja yang lebih berat ketimbang biasanya.

Pemanasan juga menaikkan suhu tubuh dan membuat oksigen terpakai dengan lebih baik. Meningkatnya aliran darah membuat syaraf lebih mudah mengendalikan impuls pada otot. Ya, ini meningkatkan performa selama olah raga.

Adapun alasan mencegah cedera, ini karena pemanasan berarti Anda melumasi sendi sehingga bekerja dengan lebih baik. Banyak pelatih mengatakan, pemanasan juga menyiapkan mental Anda agar lebih siap berolah raga.

Ketika otot bekeja lebih keras dari biasanya, asupan oksigen dan nutrisi dibutuhkan lebih banyak. Keduanya menyuplai tubuh dengan elektrolit yang dibutuhkan untuk impuls agar otot berkontraksi.

Selain implus otot, juga menghasilkan glukosa dan serangkaian reaksi kimia yang memproduksi molekul Adenosine Triphosphate (ATP). ATP ini menggerakkan elektrolit dan molekul lainnya ke luar dan masuk sel tubuh.

Oksigen juga amat penting dalam menciptakan ATP, hal ini disebut metabolisme aerobik. Saat otot bekerja keras dan oksigen tak bisa mengejar produksi ATP, sel menggunakan glukosa dan asam untuk membuatnya. Ini metabolisme anaerobik.

Denyut jantung maksimal ketika sel menggunakan oksigen untuk membuat ATP disebut Vo2max. Beberapa studi menunjukkan, Vo2max naik ketika pemanasan karena banyak pembuluh kapiler yang menyuplai sel tertutup saat beristirahat.

Saat terbuka, pembuluh tersebut akan menyuplai oksigen dan nutrisi ke sel yang bekerja. Pemanasan akan membuka pembuluh-pembuluh tersebut. Semakin tinggi Vo2max seseorang, semakin baik performanya.

Source: link