JAKARTA – Media sosial (medsos) menghubungkan, namun juga memisahkan. Terutama jika tanpa disadari, self-esteem Anda ‘diserang’ oleh postingan orang lain.

Budaya berlebihan dalam membagi postingan medsos alias oversharing sedang menjamur di kalangan pengguna. Akibatnya, tanpa disadari harga diri (self-esteem) orang lain tersenggol bahkan jatuh.

Bayangkan, Facebook mencatat 10 juta foto baru diunggah setiap jam. Medsos pun menjadi ladang yang menarik bagi kalangan muda untuk saling bersaing dan membanding-bandingkan.

Baru-baru ini, Instagram dinyatakan medsos yang memiliki dampak terburuk terhadap kesehatan mental pengguna muda serta memicu perasaan kekurangan (inadequacy) dan gelisah (anxiety).

Lalu bagaimana cara melindungi diri di tengah gempuran media sosial seperti saat ini?

Hargai Diri Sendiri

Postingan mengenai perempuan ‘cantik’ bertubuh ‘sempurna’ mengenakan pakaian ‘mahal’ membuat pengguna muda cenderung membanding-bandingkan dirinya. Perbandingan inilah yang menciptakan dampak negatif. Stop melakukan hal ini dengan melihat hal-hal positif dalam hidup Anda. Belajar menerima diri sendiri dan lihat gambar-gambar lain yang lebih memotivasi. Ingatlah, Anda juga memiliki banyak pencapaian.

Hapus Aplikasi dari Ponsel

Tak perlu hapus akun medsos Anda, cukup hapus aplikasinya dari ponsel sehingga bisa mengurangi rasa ‘gatal’ untuk selalu membukanya. Jika membuka Instagram menimbulkan pikiran dan perasaan buruk, menghapus aplikasi meski untuk sementara bisa memberi jarak yang Anda butuhkan.

Hindari Tab ‘Explore’ di Instagram

Beberapa orang melihat foto dan video di bagian Explore yang membuat mereka merasa buruk terhadap diri sendiri. Menghindarinya akan mencegah Anda melihat isinya. Isi tab Explore juga tak semuanya muncul di lini masa (timeline) Instagram. Timeline hanya berisi unggahan dari orang-orang yang Anda follow saja.

Unfollow

Jangan mengikuti atau jika sudah, unfollow saja akun-akun pengguna yang membuat Anda merasa buruk. Ini cara terbaik untuk melindungi diri sendiri di dunia maya, yakni dengan hati-hati menggunakannya. Ikuti saja akun-akun yang mengispirasi dan menimbulkan perasaan menyenangkan.

Batasi Penggunaannya

Psikoterapis Hilda Burke mengatakan, tantangan medsos adalah memicu kecenderungan untuk membandingkan diri dengan pengguna lain. Ini hal yang wajar, kata Burke, jika Anda tahu bagaimana membatasi diri dari sikap tersebut. Ia menyarankan membatasi penggunaan medsos dalam sehari. “Batasan ini bisa membantu Anda fokus dalam membangun kepercayaan diri,” ujarnya.

Source: link