JAKARTA – Bicara kelas hatchback di Indonesia sejak beberapa tahun lalu, cuma dua raksasa ini yang selalu ditunggu-tunggu. Toyota Yaris dan Honda Jazz.

Keduanya memang cukup mendominasi pasar dan pertarungannya sangat santer. Toyota Yaris misalnya kini memiliki banyak pilihan peluru, terakhir pada November 2016 lalu Toyota merilis Yaris Heykers.

Sementara Honda Jazz yang kokoh sebagai pemimpin kelas, baru saja melakukan penyegaran minim sejak terakhir 2014 silam. Pembaruan sangat mencolok terutama di varian RS.

Eksterior
Bicara tampilan, keduanya masih mengandalkan garis-garis sporti, tegas, dan sangat mengutamakan tren anak muda terkini. Bedanya, Yaris Heykers lebih menonjolkan kesan crossover, dan Jazz lebih racing look.

Penyegaran Jazz seperti lampu LED-DRL, pelek baru 16 inci, bumper belakang dengan diffuser, Black Power Retractable Door Mirror, hingga Dynamic Side Skirt. Ini tidak jauh berbeda dengan Yaris Heykers, hanya Toyota melebihinya dengan over fender dan roof rail.

Interior
Masuk ke dalam kabin, keduanya juga masih sama-sama mengusung desain sporti pada tampilan dasbor, hingga ke bangku semi bucket dengan riasan jahitan kontras.

Kelengkapan hiburan, Heykers sudah memiliki sistem infotainment dengan layar sentuh 7 in, mirroring dan bluetooth audi, dan internet. Sementara New Jazz RS, sudah disematkan layar sentuh 8 in.

Kemudian untuk menguatkan positioning-nya, New Jazz lebih advance untuk pengaturan sistem pendingin ruangan lewat smart auto a/c dengan smart touch. Termasuk kemudahan mengaktifkan hingga pengaturan akselerasi-deselerasi fitur cruise control langsung di kemudi.

Di atas kertas, Toyota Heyker yang dirancang memiliki dimensi lebih panjang dan lebar (4.115mm X 1.700 mm) dari New Jazz RS (4.035mm X 1.694mm), tentu akan memberikan kelapangan lebih kepada penumpangnya. Namun, soal head room New Jazz RS baik karena memiliki tinggi 1.524mm, dan Heykers hanya 1.510mm.

Kaki-kaki
Heykers yang memang didesain sebagai hatchback dengan karakter kuat crossover, jelas memiliki kelebihan dibanding New Jazz.

Khususnya bica ground clereance dengan angka 184 mm yang hampir setara dengan sejatinya model crossover. Peningkatan signifikan ini tidak lepas dari penyegaran suspensi baru di Heykers.

Sedangkan New Jazz RS, masih mengandalkan suspensi seperti model sebelumnya dan ground clereance-nya pun tidak terjadi perubahan berarti.

Mesin
New Honda Jazz menggunakan mesin 1,5L SOHC i-VTEC 4 silinder. Sektor ini, Honda cukup apik meramu kekuatan tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Hasil yang ditawarkan, tenaga sebesar 119 Hp pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm, cukup melampaui pesaingnya Heykers lewat mesin 1.5L hanya mampu menelurkan tenaga di 107 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm.

Harga On The Road
New Honda Jazz RS MT : Rp 262.500.000,-
New Honda Jazz RS CVT : Rp 272.500.000,-

Toyota Yaris Heykers TRD
Tipe transmisi manual : Rp 265.500.000,-
Tipe transmisi CVT : Rp 277.500.000,-

Perlu diketahui, harga untuk New Honda Jazz di atas hanya berlaku pada pilihan warna dasar saja. Honda Prospect Motor masih akan memungut biaya tambahan jika konsumen menginginkan pilihan warna baru Phoenix Orange dengan Black Top di varian RS senilai Rp 3 juta – dari warna solid (Rallye Red).

Kemudian, untuk pilihan warna lain selain Rallye Red (Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl , Attract Yellow Pearl) ada penambahan biaya Rp 1,5 juta.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com