JAKARTA – Mudik bagi anak tidak sekadar melakukan perjalanan pulang kampung saja. Mereka bisa mendapat berbagai pembelajaran.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., mengatakan, Ada banyak manfaat yang didapat si kecil dari kegiatan pulang kampung alias mudik.

“Anak bisa belajar kemandirian dan kesabaran,” katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kondisi pulang kampung dengan kemacetan dan suasana penuh sesak menjadi bahan edukasi anak untuk mengajarkan kesabaran. Misalnya ketika mengantre saat boarding pesawat, bayar tiket di pintu tol dan kemacetan. Orangtua juga bisa mengajarkan sopan santun ketika mudik. Misalnya tidak memaki-maki saat kendaraan lain mendahului.

Sementara kemampuan kemandirian anak pun dapat dipupuk ketika mudik. Orangtua dapat membebaskan anak membawa barang atau mainan pilihannya dan bertanggung jawab untuk menjaga barang bawaannya.

“Berikat ransel dan biarkan anak memilih dan membawa barangnya,” sambungnya.

Selain itu, anak dapat mengasah keterampilan sosial selama mudik seperti mengikuti aturan, peduli terhadap orang sakit atau kekurangan dan marah tanpa mengganggu orang lain.

“Kalau semua pendidikan ini tercukupi, anak bisa lebih mampu bersosialisasi saat mudik maupun di kampung halaman,” pungkasnya.

Source: link