JAKARTA – Kabar gembira menghampiri mereka yang menggemari kopi espresso. Pasalnya, penelitian terbaru menyimpulkan bahwa manfaat kopi espresso bisa menurunkan risiko penyakit kanker prostat.

Sebelum sampai pada kesimpulan tersebut, para peneliti terlebih dahulu menyurvei 7.000 pria dari Italia. Alasan pemilihan pria Italia sebagai obyek survei tidak terlepas dari kebiasaan minum kopi, seperti espresso, cappucino, hingga macchiato yang sudah menjadi budaya di Negeri Pizza.

Bahkan dalam satu tahun para peneliti juga menemukan fakta baru bahwa orang Italia mampu minum kopi hingga 600 cangkir dalam satu tahun. Berdasarkan hal tersebut, para ahli pun berusaha mencari lebih lanjut mengenai efek baik dari minum kopu espresso.

Hasilnya, Licia Iacoviello selaku Kepala Laboratorium Epidemiologi Molekuler dan Nutrisi di IRCCS Neuromed di Italia menyampaikan hasil studi mereka dalam International Journal of Cancer. Ia bersama rekannya menyampaikan bahwa kopi benar-benar berhubungan dengan pencegahan kanker prostat.

“Setiap pagi masyarakat Italia menyiapkan kopi dan minum dengan cepat. Kopinya diminum tanpa gula dan tidak difilter. Ini sangat menarik dan dapat meningkatkan kesehatan,” paparnya seperi dikutip dari Medicalnewstoday.

Di sisi lain, jurnal American Cancer Society mengungkap bahwa satu dari tujuh pria di negara tersebut terdiagnosa menderita kanker prostat. Meski begitu, sejumlah penelitian menyarankan pasien untuk mengonsumsi kopi espresso.

Source: link