JAKARTA – DJI, pemimpin dunia dalam pesawat drone sipil dan teknologi pencitraan udara berkolaborasi dengan raksasa penyedia kamera Hasselblad. Dalam sebuah konferensi industri di Las Vegas, Amerika Serikat, kedua perusahaan tersebut sepakat untuk membuat drone terbaru.

Dalam keterangan persnya, DJI mengungkapkan bahwa dua seri terbaru mereka, yakni DJI Matrice 600 Pro dan Ronin MX, bakal dipersenjatai kamera Hasselblad H6D-100c yang diklaim memiliki resolusi super, 100 MP. Dari kedua seri DJI yang akan dilengkapi kmera Hasselblad, Matrice 600 Pro terlihat lebih menarik untuk dikupas.

Soalnya, drone DJI Matrice 600 Pro dilengkapi rotor canggih dan mudah disesuaikan yang dilengkapi dengan sistem transmisi Lightbridge 2 yang kuat, sistem propulsi tahan debu dan enam Intelligent Flight Batteries. Matrice 600 Pro dapat dipandu oleh sistem navigasi GNSS D-RTK, yang dapat menahan gangguan magnetik untuk memberikan penentuan posisi 3D yang sangat presisi. Akurasi yang meningkat dari sistem barometer, kompas dan GPS yang khas ini membuatnya ideal untuk aplikasi komersial, industri dan ilmiah yang ketat.

Sementara di sisi lain, kamera Hasselblad H6D-100c adalah kamera dengan teknologi paling mutakhir yang dipersenjatai sensor 53,4 mm x 40,0 mm besar yang menawarkan detail, reproduksi warna dan tonal yang luar biasa, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk dengan menggunakan keluarga lensa HC dan HCD. Jadi, kebayang bukan bagaimana jika DJI Matrice 600 Pro dan Hasselblad H6D-100c ‘dikawinkan’?

Sayangnya, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai harga DJI Matrice 600 Pro + Hasselblad yang ditawarkan. Hanya saja, The Verge memperkirakan bahwa nominal satu unit drone tersebut bisa mencapai Rp. 400 juta.

Source: link