JAKARTA – Menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadan sangatlah penting, salah satu caranya dengan memperhatikan asupan makanan saat berbuka puasa. Banyak orang yang suka “kalap” ketika berbuka puasa dan menyantap semua makanan yang ada, padahal hal tersebut sebenarnya tidaklah baik dan sehat.

Berikut lima makanan sehat dan sebaiknya kalian konsumsi saat berbuka puasa.

Kurma
Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Madu
Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan yang sangat mudah diserap tubuh, sehingga bisa dengan cepat mengembalikan energi tubuh setelah seharian puasa.

Buah-buahan
Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah segar saat berbuka, karena buah mudah dicerna oleh usus dan mengandung banyak air sehingga bisa mengatasi dehidrasi.

Telur
Telur juga bisa menjadi pilihan makanan terbaik yang bisa kalian pilih saat berbuka puasa. Telur sangat mudah dicerna dan mengandung protein yang sangat tinggi.

Yogurt
Dibandingkan dengan sirup, yoghurt lebih kaya akan sumber energi, protein, mineral, serta vitamin. Selain itu yoghurt juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan sehingga kalian bisa tetap sehat dan nyaman selama puasa.

Source: link