JAKARTA – Anda pengguna iPhone dan memanfaatkan aplikasi Siri? Segera lakukan hal ini untuk mengamankan gadget keluaran Apple tersebut.

Jangan mengira mengunci (lock) ponsel berarti Anda sudah cukup aman. Passcode dan sidik jari yang ditujukan untuk mengamankan foto, informasi pribadi, dan banyak hal lainnya di dalam iPhone ternyata tak benar-benar melindungi penggunanya.

Ini sempat diungkapkan oleh seorang perempuan yang menemukan iPhone di kamar mandi, sebagaimana disampaikan situs HelloGiggles. Ia ingin mengembalikannya ke pemilik dan bertanya pada Siri di ponsel itu. Sederhana. Hanya bertanya nama dan siapa yang paling sering ditelepon.

Dalam posisi lock, Siri bisa menjawab semua pertanyaan itu. Perempuan yang menemukan ponsel itu bisa mengakses informasi pribadi tanpa perlu memasukkan passcode atau sidik jari. Bayangkan jika ponsel itu jatuh ke tangan yang salah?

Untungnya, ada cara untuk menghentikan Siri dan iPhone membocorkan semua rahasia Anda. Silakan buka ‘Setting’ dan cari ‘Touch ID & Passcode’, lalu lepaskan contreng dari beberapa bagian seperti ‘Siri’, ‘Today View’, dan ‘Notivication View’. Amannya, lepaskan contreng dari semua bagian.

Cara mudah dan beberapa detik ini amat penting agar Anda merasa aman dan nyaman menggunakan iPhone. Pembatasan akses ini mencegah orang lain mengintip ponsel Anda dan mencuri informasi berharga. Terutama jika iPhone hilang atau tertinggal di sebuah tempat.

Source: link