JAKARTA – Koin emas berbobot 100 kilogram, lenyap dari Museum Bode, Berlin.

Koin bernama Big Maple Leaf yang bergambar Ratu Elizabeth II tersebut dicuri pada Senin (27/3/2017) dini hari. “Koin itu dicuri tadi malam, lenyap,” kata juru bicara museum, Markus Farr.

Terbuat dari emas murni, koin tersebut diperkirakan bernilai sekitar US$1 juta atau lebih dari Rp13 miliar.

Namun, nilai koin tersebut bisa meningkat hingga US$4 juta atau Rp53 miliar, mengingat kemurnian material yang digunakan. Guinness Book of Records sempat mencatat kemurnian emas koin yang dinilai ‘tidak tertandingi’.

Koin berdiameter 53 centimeter dan tebal tiga centimeter tersebut, dikeluarkan oleh Royal Canadian Mint pada 2007 dan dipinjamkan ke Museum Bode pada Desember 2010.

Pihak kepolisian mengatakan koin itu kemungkinan dicuri oleh kelompotan perampok yang menyusup masuk melalui jendela dan tangga belakang museum yang mengarah ke rel kereta api.

“Mereka kemudian masuk ke gedung dan menuju ruang pameran koin. Koin itu dilindungi dengan pelindung kaca anti peluru di dalam gedung,” kata juru bicara kepolisian setempat, Winfrind Wenzel.

Masih diselidiki lebih lanjut tentang adanya keterlibatan orang dalam, berfungsinya sistem alarm atau jaringan keamanan gedung.

Museum Bode di Berlin adalah salah satu pengoleksi koin terbesar di dunia dengan lebih dari 54 ribu buah. Museum ini berdiri sejak 1904 dan memiliki nama asli Kaiser-Friedrich-Museum.

Source: link