JAKARTA – Wawancara kerja memang kadang ‘mengerikan’, alih-alih ingin membuat pewawancara terkesan, kadang malah membuat suasana wawancara menjadi kaku dan ‘aneh’. Nah, agar wawancara kerja bisa berjalan lancar, ada beberapa tips yang bisa kalian aplikasikan. Silahkan disimak!

Persiapkan diri
Setelah mendapatkan jadwal wawancara kerja, langsung persiapkan diri kamu. Cari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang bersangkutan.

Perkirakan juga jenis pertanyaan macam apa yang akan ditanyakan oleh pewawancara, sehingga kalian tidak bingung saat menjawab. Berlatihlah menjawab pertanyaan itu dengan keluarga atau teman.

Siapkan fisik
Persiapan juga diperlukan beberapa jam sebelum berangkat wawancara. Persiapkan dulu pakaian yang akan kalian pakai dan jangan lupa makan atau sarapan agar tubuh tetap fit dan kalian pun bisa menjalani wawancara dengan lancar.

Datanglah tepat waktu
Datang terlambat adalah hal paling fatal dalam wawancara kerja. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda tidak profesional dan tidak menghormati waktu orang lain.

Usahakanlah untuk datang sekitar 15 – 30 menit lebih awal. Waktu ‘sisa’ tersebut bisa kalian pergunakan untuk beradaptasi, menenangkan diri atau mempersiapkan mental sebelum wawancara. Agar tidak terlambat pasanglah alarm dan perkirakan lama perjalanan menuju tempat tersebut.

Berpakaian bersih dan rapi
Kesan pertama sangatlah penting, karena itu kamu harus memperhatikan penampilan saat wawancara. Berpakaianlah bersih dan rapi serta sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Hindari pakaian kusut, terlalu ketat atau longgar dan berwarna ngejreng. Perhatikan juga sepatu, pastikan sepatu kamu sesuai dengan pakaian dan tidak kotor.

Percaya diri
Percaya dirilah saat melakukan wawancara. Tatap mata pewawancara saat sesi wawancara berlangsung, jawab pertanyaan dengan lugas dan tegas. Cobalah untuk tersenyum dan tidak terlalu kaku untuk memecah kebekuan dan memberikan kesan awal yang baik.

Source: link