JAKARTA – Risiko kehilangan uang memang sulit dihindari, terutama saat bepergian ke tempat yang ramai.

Tujuan wisata favorit memang kerap diburu pengunjung. Bila Anda sekeluarga ingin menikmati liburan dengan tenang, pastikan berhati-hati dengan uang tunai yang Anda bawa.

Bagaimana mengamankan uang agar tetap aman saat liburan?

Pertimbangkan kartu kredit

Sediakan satu atau dua kartu kredit selama perjalanan dan batasi pemakaiannya. Meskipun berpotensi lebih boros, kartu kredit menjadi salah satu opsi menghindari risiko uang hilang saat berlibur.

Jika dompet atau uang hilang, kecil kemungkinan akan kembali. Namun, bila kehilangan kartu kredit,  Anda bisa menghubungi bank untuk memblokirnya. Selain itu, bank juga bisa me-refund semua pembayaran yang tidak Anda lakukan.

Catat nomor akun dan layanan pelanggan

Anda sebaiknya mengantisipasi kehilangan barang-barang berharga Anda. Salah satunya kartu kredit dan kartu debit. Ini pentingnya mencatat nomor akun serta layanan pelanggan sebelum bepergian. Simpan catatan tersebut di tempat yang aman.

Simpan uang di berbagai tempat

Uang tunai tetap boleh Anda bawa, namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Anda pun sebaiknya menyimpan uang tidak dalam satu tempat. Misalkan letakkan sedikit uang di dompet, sisanya simpan di sepatu atau koper.

Saat berbelanja, makan malam atau mengunjungi tempat wisata pun, sebaiknya tidak mengeluarkan uang tunai yang cukup besar di depan banyak orang. Siapkan uang secukupnya sebelum keluar dari penginapan.

Gunakan tas pinggang

Tas pinggang merupakan salah satu item traveling yang tepat untuk menghindari pencurian. Tidak hanya bermanfaat untuk menyimpan uang tunai atau kartu kredit, tapi juga bisa untuk meletakkan paspor dan kartu pengenal lainnya.

Source: link