JAKARTA – Kebanyakan orang tidak menyukai bawang merah mentah karena baunya yang kurang sedap. Padahal, khasiat bawang merah justru bisa keluar lebih maksimal bila dikonsumsi secara mentah.

Menurut laporan BBC, Senin (09/01), kandungan sulfur organik dan minyak atisiri pada bawang merah hanya bisa ditemui dalam keadaan mentah, dan akan menghilang jika sudah dimasak alias matang.

“Kedua senyawa tersebut biasanya sudah berkurang kandungannya bila terkena panas,” papar ahli pengobatan alami Chris Kilham.

Disamping itu, bawang merah mentah juga memiliki lebih banyak anti-oksidan yang sanggup menangkal radikal bebas, penyebab utama kanker.

“Bawang merah terutama memiliki manfaat tinggi karena mengandung antioksidan, quercetin. Senyawa ini baik untuk jantung, sistem imunitas tubuh dan banyak hal lain di tubuh,” lanjutnya.

Lebih lanjut lagi, bawang merah mentah dianjurkan bagi pasien untuk menekan pertumbuhan tumor, sekaligus menjaga berbagai macam hormon agar tetap sehat. Oleh karena itu, Kilham menyarankan agar sayuran bernama latin Allium cepa var ascalonicum ini dikonsumsi setiap hari.

“Makan bawang merah setiap hari. Konsumsi sekitar satu cangkir bawang merah cacah setiap hari,” pungkasnya.

Source: link