JAKARTA – Tanpa disadari, kebiasaan seseorang mempengaruhi kualitas kesehatan diri mereka sendiri, tidak terkecuali untuk masalah gigi. Nah, berikut ini adalah kebiasaan yang dapat merusak gigi, seperti dilansir dari Pulse, Jumat (07/04/2017).

Merokok
Dari sisi medis, tak ada satu pun manfaat dari merokok. Yang ada, hanyalah menyebabkan penyakit saja. Kaitannya dengan kerusakan gigi, kandungan nikotin pada rokok tidak hanya menyebabkan candu pada penghisapnya, namun juga menguningkan gigi yang tidak jarang berujung dengan kanker pada gusi dan mulut.

Mengunyah Es Batu
Nah, kebiasaan ini juga bisa merusak kesehatan gigi. Pasalnya, kebiasaan mengunyah es batu bisa mengikis enamel pada gigi yang mengurangi kekuatan gigi ataupun menyebabkan gigi sensitif. Dalam jangka panjang, hal ini juga bisa berakibat mati rasa.

Menggertakan Gigi
Dalam situasi tertentu, misalnya grogi, gugup, atau tertekan, sebagian orang menunjukkannya dengan menggertakan gigi. Padahal, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan komplikasi mulut, gigi patah, dan infeksi gusi.

Tindik Lidah
Bagi sekelompok orang, tindik lidah adalah sebuah seni dan estetika. Namun nyatanya, hal ini justru berakibat buruk bagi kesehatan gigi. Tidak hanya berpotensi menyebabkan bau mulut, tindik lidah juga bisa berakhir dengan kanker mulut.

Source: link