JAKARTA – Pernahkah kalian menggerutu karena jumlah tagihan listrik yang menggelembung? Jika pernah, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan pelonjakkan pembayaran tersebut.

Mula perkaranya, bisa saja berawal dari pemborosan listrik yang tidak kalian sadari. Meski begitu, kami punya trik menghemat pemakaian listrik kalian. Cekidot!

Pemilihan Daya Listrik
Hal pertama yang harus dikenali terlebih dahulu adalah daya listrik yang terpasang di tempat/rumah kalian kalian.

Dari daya listrik yang terpasang bisa disimpulkan bahwa semakin besar daya listrik PLN yang terpasang, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, pakailah daya listrik sesuai kebutuhan. Jika terlalu besar, segerakan untuk menghubungi petugas PLN agar daya listriknya diturunkan.

Listrik Prabayar
Agar tidak ‘kebablasan’ dalam memakai listrik, diperlukan pembatas yang bisa menghentikannya. Dan, pemakaian listrik prabayar bisa menjadi solusi untuk mengurangi pengeluaran kalian. Pasalnya, sistem kerja listrik prabayar adalah berdasarkan pulsa.

Untuk beberapa waktu, kalian mungkin akan kerepotan dan bahkan bisa saja telat mengisi pulsa listrik yang menyebabkan pemadaman. Meski begitu, kalian akan belajar untuk mengatur pemakaian listrik dengan lebih bijak, sekaligus irit.

Ganti Bohlam dengan LED
Penggunaan Lighting Emiting Dioda alias lampu LED mulai dipakai di perusahan-perusahaan. Alasannya, selain menghasilkan cahaya yang lebih terang, daya listrik yang dipakai pun lebih kecil ketimbang bohlam atau lampu pijar biasa.

Ganti TV Tabung
Trik terakhir untuk menghemat pemakaian listrik adalah dengan mengganti TV tabung kalian dengan LED TV. Pasalnya, LED TV yang ada saat ini sudah memiliki fitur hemat energi. Untuk memudahkan pencarian, carilah LED TV yang dilabeli logo ‘Eco’ yang biasanya terdapat pada kardus TV.

Perbandingan pemakaian daya TV tabung dengan LED TV cukup signifikan. Contohnya jika TV tabung ukuran 32 inchi menggunakan daya hingga 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya membutuhkan daya listrik 40-50 watt saja. Bahkan jika fitur hemat listrik atau Eco diaktifkan, daya listrik akan lebih hemat hingga separuhnya menjadi 20-25 watt saja.

Source: link