JAKARTA – Musim hujan masih terus berlangsung. Selain banjir ada beberapa akibat hujan lain yang harus kita waspadai, yaitu penyakit, karena itulah kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan. Berikut beberapa tips ringan yang bisa kalian coba agar tetap sehat di musim hujan.

Selalu sedia payung dan jas hujan
Agar tidak kehujanan di jalan dan terkena berbagai penyakit seperti demam atau flu bawalah selalu payung atau jas hujan. Saat ini sudah banyak sekali payung dan jas hujan yang bisa dilipat sehingga tidak terlalu repot membawanya. Lagian mending repot sedikit daripada basah kuyup, betul?

Segera mandi dan keramas jika kehujanan
Jika di jalan terkena hujan, begitu sampai di rumah segeralah mandi dan keramas (pakai air hangat lebih enak), selain untuk membersihkan kotoran bekas percikan air hujan, mandi juga mencegah kuman yang ada di air hujan.

Konsumsi air putih dan vitamin
Jangan lupa untuk selalu minum air putih agar tubuh tidak lemas akibat dehidrasi. Minumlah juga vitamin, terutama vitamin C untuk meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh. Vitamin C ini bisa juga kamu dapatkan secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strawberry dan masih banyak lagi.

 Jaga kebersihan lingkungan
Saat musim penghujan kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembapan yang begitu tinggi. Agar terhindar dari penyakit, pastikan lingkungan di sekitar kalian bersih. Bersihkan sampah dan buang air yang menggenang serta selalu mencuci tangan setelah beraktivitas.

Olahraga teratur
Hujan bukanlah alasan bermalas-malasan. Usahakan untuk tetap bergerak dan berkeringat dengan cara berolahraga. Lakukan saja gerakan ringan di dalam ruangan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Jangan keluar rumah jika tidak penting
Jika tidak ada urusan yang penting-penting banget, usahakanlah untuk tidak keluar rumah saat hujan. Selain kesehatan tubuh terjaga, juga menghindari macet dan becek akibat hujan.

 

Source: link