RIO DE JENAIRO  – Volvo meluncurkan sasis bus terpanjang dan terbesar di dunia. Mengambil gelaran FetransRio, Kamis (24/11) kemarin. Pabrikan Swedia ini memperkenalkan sasis Gran Artic 300 yang diistilahkan sebagai Bus Rapid Transit (BRT).

Sebagai bus articulated alias bus gandeng, Gran Artic 300 memiliki panjang 30 meter dan dapat menampung 300 penumpang bersamaan. Jumlah ini jauh melebihi kapasitas penumpang bus gandeng manapun yang saat ini beroperasi.

Fabiano Todeschini, Head of Volvo Bus South America mengatakan, dengan kapasitas yang ekstra besar, Gran Artic dapat meningkatkan efisiensi operator bus, juga menekan emisi gas buang karena tidak memerlukan banyak armada.

“Sekarang kami perkenalkan chassis bus terbesar di dunia. Kendaraan ini akan menyediakan sistem transportasi yang lebih efisien, menawarkan kualitas yang lebih tinggi untuk penumpang. Lebih dari itu, bisa meningkatkan efisiensi biaya untuk operator transportasi,” katanya.

Karena Gran Artic 300 sangat besar, bus tidak dikendarai di jalan umum. Melainkan di jalur khusus seperti TransJakarta di Indonesia. Saat ini baru Brazil yang menyatakan minat kepada bus ini.

Selain Gran Artic 300, Volvo juga melansir varian yang lebih kecil yakni Gran Artic 210. Sesuai moniker, sasis bus ini sanggup membawa 200 penumpang sekaligus, memiliki 5 pintu, dan dibangun di atas tiga as roda alias axle.

Source: link

©Exclusive from Dapurpacu.com for AdiraClubMember.com